THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES

Selasa, 30 November 2010

Segitiga Bermuda

Segitiga Bermuda

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Peta dari Segitiga Bermuda
Segitiga Bermuda (bahasa Inggris: Bermuda Triangle), kadang-kadang disebut juga Segitiga Setan adalah sebuah wilayah lautan di Samudra Atlantik seluas 1,5 juta mil2 atau 4 juta km2 yang membentuk garis segitiga antara Bermuda, wilayah teritorial Britania Raya sebagai titik di sebelah utara, Puerto Riko, teritorial Amerika Serikat sebagai titik di sebelah selatan dan Miami, negara bagian Florida, Amerika Serikat sebagai titik di sebelah barat.
Segitiga bermuda sangat misterius. Sering ada isu paranormal di daerah tersebut yang menyatakan alasan dari peristiwa hilangnya kapal yang melintas. Ada pula yang mengatakan bahwa sudah menjadi gejala alam bahwa tidak boleh melintasi wilayah tersebut. Bahkan ada pula yang mengatakan bahwa itu semua akibat ulah makhluk luar angkasa

Daftar isi

[sembunyikan]

[sunting] Sejarah awal

Pada masa pelayaran Christopher Colombus, ketika melintasi area segitiga Bermuda, salah satu awak kapalnya mengatakan melihat “cahaya aneh berkemilau di cakrawala”. Beberapa orang mengatakan telah mengamati sesuatu seperti meteor. Dalam catatannya ia menulis bahwa peralatan navigasi tidak berfungsi dengan baik selama berada di area tersebut.
Berbagai peristiwa kehilangan di area tersebut pertama kali didokumentasikan pada tahun 1951 oleh E.V.W. Jones dari majalah Associated Press. Jones menulis artikel mengenai peristiwa kehilangan misterius yang menimpa kapal terbang dan laut di area tersebut dan menyebutnya ‘Segitiga Setan’. Hal tersebut diungkit kembali pada tahun berikutnya oleh Fate Magazine dengan artikel yang dibuat George X. Tahun 1964, Vincent Geddis menyebut area tersebut sebagai ‘Segitiga Bermuda yang mematikan’, setelah istilah ‘Segitiga Bermuda’ menjadi istilah yang biasa disebut. Segitiga bermuda merupakan suatu tempat dimana di dasar laut tersebut terdapat sebuah piramid besar mungkin lebih besar dari piramid yang ada di Kairo Mesir. Piramid tersebut mempunyai jarak antara ujung piramid dan permukaan laut sekitar 500 m,di ujung piramid trsebut terdapat dua rongga lubang lebih besar.

[sunting] Penjelasan beberapa sumber

Berikut adalah penjelasan dari beberapa narasumber yang menyatakan keanehan Segitiga Bermuda bahwa di sana terdapat gas methan, dianggap kapal yang hilang di sana telah melampaui batas kargo, Pangkalan UFO, tempat berkumpulnya para setan golongan Jin (Istana Setan) dan ada yang mengatakan bahwa di sanalah terletak telaga "Air Kehidupan" yang sanggup membuat awet muda dan panjang umur.

[sunting] Muatan berlebih

Peta tempat-tempat yang mengandung gas methana
Perusahaan asuransi laut Lloyd's of London menyatakan bahwa segitiga bermuda bukanlah lautan yang berbahaya dan sama seperti lautan biasa di seluruh dunia, asalkan tidak membawa angkutan melebihi ketentuan ketika melalui wilayah tersebut. Penjaga pantai mengkonfirmasi keputusan tersebut. Penjelasan tersebut dianggap masuk akal, ditambah dengan sejumlah pengamatan dan penyelidikan kasus.

[sunting] Gas Methana dan pusaran air

Penjelasan lain dari beberapa peristiwa lenyapnya pesawat terbang dan kapal laut secara misterius adalah adanya gas metana di wilayah perairan tersebut. Teori ini dipublikasikan untuk pertama kali tahun 1981 oleh Badan Penyelidikan Geologi Amerika Serikat. Teori ini berhasil diuji coba di laboratorium dan hasilnya memuaskan beberapa orang tentang penjelasan yang masuk akal seputar misteri lenyapnya pesawat-pesawat dan kapal laut yang melintas di wilayah tersebut.
Menurut Bill Dillon dari U.S Geological Survey, air bercahaya putih itulah penyebabnya. Didaerah segitiga maut Bermuda, tapi juga di beberapa daerah lain sepanjang tepi pesisir benua, terdapat "tambang metana". tambang ini terbentuk kalau gas metana menumpuk di bawah dasar laut yg tak dapat ditembusnya. Gas ini dapat lolos tiba2 kalau dasar laut retak. Lolosnya tdk kepalang tangung. Dengan kekuatan yg luar biasa, tumpukan gas itu menyembur ke permukaan sambil merebus air, membentuk senyawaan metanahidrat.
Air yang dilalui gas ini mendidih sampai terlihat sebagai "air bercahaya putih". Blow out serupa yg pernah terjadi dilaut Kaspia sudah banyak menelan anjungan pengeboran minyak sebagai korban. Regu penyelamat yang dikerahkan tidak menemukan sisa sama sekali. Mungkin karena alat dan manusia yang menjadi korban tersedot pusaran air, dan jatuh kedalam lubang bekas retakan dasar laut, lalu tanah dan air yg semula naik ke atas tapi kemudian mengendap lagi didasar laut, menimbun mereka semua.

[sunting] Gempa laut dan gelombang besar

Teori ini mengatakan gesekan dan goncangan di tanah di dasar Lautan Atlantik menghasilkan gelombang dahsyat dan seketika kapal-kapal menjadi hilang kendali dan langsung menuju dasar laut dengan kuat hanya dalam beberapa detik. Adapun hubungannya dengan pesawat, maka goncangan dan gelombang kuat tersebut menyebabkan hilangnya keseimbangan pesawat serta tidak adanya kemampuan bagi pilot untuk menguasai pesawat.

[sunting] Gravitasi

Gravitasi (medan graviti terbalik, anomali magnetik graviti) dan hubungannya dengan apa yang terjadi di Segitiga Bermuda; sesungguhnya kompas dan alat navigasi elektronik lainnya di dalam pesawat pada saat terbang di atas Segitiga Bermuda akan goncang dan bergerak tidak normal, begitu juga dengan kompas pada kapal, yang menunjukkan kuatnya daya magnet dan anehnya gravitasi yang terbalik.

[sunting] Pangkalan U.F.O.

Pemerintah dan Akademis Independen A.S. mengatakan Segitiga Bermuda disebabkan karena tempat tersebut merupakan Pangkalan UFO sekelompok mahkluk luar angkasa/alien yang tidak mau diusik oleh manusia, sehingga kendaraan apapun yang melewati teritorial tersebut akan terhisap dan diculik. Ada yang mengatakan bahwa penyebabnya dikarenakan oleh adanya sumber magnet terbesar di bumi yang tertanam di bawah Segitiga Bermuda, sehingga logam berton-tonpun dapat tertarik ke dalam.

[sunting] Istana Setan

Dalam hadist yang diriwayatkan dari Abu Hurairah dari Nabi Muhammad, dikatakan bahwa pertemuan antara suhu panas dan dingin (sejuk) adalah ikatakan larangan ini karena tempat seperti itu adalah tempat yang paling digemari oleh Setan.[1] Karena menurut beberapa pendapat ada yang mengatakan bahwa Segitiga Bermuda merupakan pusat bertemunya antara arus air dingin dengan arus air panas, sehingga akan mengakibatkan pusaran air yang besar/dasyat. Karena bermuda terletak di perairan Atlantik di pertengahan antara benua Amerika bagian utara dan Afrika. Secara mudah lokasi ini adalah kawasan pertembungan dua arus panas dari Afrika dan sejuk dari Amerika Utara.
Menurut beberapa orang muslim meyakini dengan hadist ini yang dianggap telah terjawab tentang misteri Segitiga Bermuda. Perkara-perkara aneh yang sering terjadi itu tentu antara lain disebabkan pertembungan antara panas dan sejuk dan menganggap Istana Setan terletak secara tersembunyi di situ. Kemudian dikatakan pula bahwa Dajjal pada saat sekarang menetap di Segitiga Bermuda itu sampai pada menjelang akhir zaman ia akan keluar.

[sunting] Air Kehidupan

Menurut Syaikh Imam M. Ma’rifatullah al-Arsy, segitiga bermuda merupan tempat titik terujung di dunia ini. Di tengah kawasan itu terdapat sebuah telaga yang airnya dapat membuat siapa saja yg meminumnya menjadi panjang umur, ditempat itu pula Nabi Khidzir bertahta sebagai penjaga sumber "Air Kehidupan" tersebut. Syaikh Imam Ma’rifatullah berkata kalau penyelamat akhir Zaman Imam Mahdi akan keluar dari Ghaibnya melalui tempat tersebut dengan menggunakan jubah suci berwarna kebiruan.

[sunting] Tempat yang indah dan berbahaya

Menurut sebuah naskah kuno menyatakan bahwa Raja Iskandar Agung pernah mencoba masuk ke kawasan agung itu dan sekembalinya mereka mengatakan bahwa tempat itu berpasirkan permata dan berbatukan berlian. Tempat yang dipenuhi dengan kabut putih tebal itu sangat indah untuk dipandang tapi sangat berbahaya untuk di datangi.[2]

[sunting] Lorong waktu

Dalam sejarah, orang, kapal-kapal, pesawat terbang dan lain-lain sebagainya yang hilang secara misterius seperti yang sering kita dengar di perairan Segitiga Bermuda, sebenarnya adalah masuk ke dalam lorong waktu yang misterius ini.
Seorang ilmuwan Amerika yang bernama Ado Snandick berpendapat, mata manusia tidak bisa melihat keberadaan suatu benda dalam ruang lain, itulah obyektifitas keberadaan lorong waktu.
Dalam penyelidikannya terhadap lorong waktu, John Buckally mengemukakan teori hipotesanya sebagai berikut:
  • Obyektifitas keberadaan lorong waktu adalah bersifat kematerialan, tidak terlihat, tidak dapat disentuh, tertutup untuk dunia fana kehidupan umat manusia, namun tidak mutlak, karena kadang-kadang ia akan membukanya.
  • Lorong waktu dengan dunia manusia bukanlah suatu sistem waktu, setelah memasuki seperangkat sistem waktu, ada kemungkinan kembali ke masa lalu yang sangat jauh, atau memasuki masa depan, karena di dalam lorong waktu tersebut, waktu dapat bersifat searah maupun berlawanan arah, bisa bergerak lurus juga bisa berbalik, dan bahkan bisa diam membeku.
  • Terhadap dunia fana (ruang fisik kita) di bumi, jika memasuki lorong waktu, berarti hilang secara misterius, dan jika keluar dari lorong waktu itu, maka artinya adalah muncul lagi secara misterius.
Disebabkan lorong waktu dan bumi bukan merupakan sebuah sistem waktu, dan karena waktu bisa diam membeku, maka meskipun telah hilang selama 3 tahun, 5 tahun, bahkan 30 atau 50 tahun, waktunya sama seperti dengan satu atau setengah hari.
Meskipun beberapa teori dilontarkan, namun tidak ada yang memuaskan sebab munculnya tambahan seperti benda asing bersinar yang mengelilingi pesawat sebelum kontak dengan menara pengawas terputus dan pesawat lenyap.

[sunting] Penemuan Piramida di Segitiga Bermuda

Beberapa ilmuwan Amerika, Perancis dan negara lainnya pada saat melakukan survey di area dasar laut Segitiga Bermuda, Samudera Atlantik, menemukan sebuah piramida berdiri tegak di dasar laut yang tak pernah diketahui orang. Panjang sisi dasar piramida ini mencapai 300 meter, tingginya 200 meter, dan jarak ujung piramida ini dari permukaan laut sekitar 100 meter. Ukuran, piramida ini lebih besar skalanya dibandingkan dengan piramida Mesir kuno yang ada di darat.
Di atas piramida terdapat dua buah lubang yang sangat besar, air laut dengan kecepatan tinggi melalui kedua lubang ini, dan oleh karena itu ombak yang besar dapat membentuk pusaran raksasa yang membuat perairan di sekitar ini menimbulkan ombak yang dahsyat menggelora dan badai pada permukaan laut.
Ada beberapa ilmuwan Barat yang berpendapat bahwa Piramida di dasar laut ini mungkin awalnya dibuat di atas daratan, lalu terjadi gempa bumi yang dahsyat, dan menggelamkan daratan ke dasar laut seiring dengan perubahan penurunan permukaan tanah. Ilmuwan lainnya berpendapat bahwa beberapa ratus tahun yang silam perairan di area Segitiga Bermuda dianggap pernah menjadi sebagai salah satu landasan aktivitas bangsa Atlantis, dan Piramida di dasar laut tersebut mungkin sebuah gudang pemasokan mereka.
Ada juga yang curiga bahwa Piramida kemungkinan adalah sebuah tanah suci yang khusus dilindungi oleh bangsa Atlantis pada tempat yang mempunyai sejenis kekuatan dan sifat khas energi kosmosnya, Piramida itu bisa menarik dan mengumpulkan sinar kosmos, medan energi atau energi gelombang lain yang belum diketahui dan struktur pada bagian dalamnya mungkin adalah resonansi gelombang mikro, yang memiliki efek terhadap suatu benda dan menghimpun sumber energi lainnya.
Li Hongzhi dalam buku yang berjudul Zhuan Falun mempunyai penjelasan tentang penemuan peradaban prasejarah sebagai berikut; “Di atas bumi ada benua Asia, Eropa, Amerika Selatan, Amerika Utara, Oceania, Afrika dan benua Antartika, yang oleh ilmuwan geologi secara umum disebut ‘lempeng kontinental’. Sejak terbentuknya lempeng kontinental sampai sekarang, sudah ada sejarah puluhan juta tahun. Dapat dikatakan pula bahwa banyak daratan berasal dari dasar laut yang naik ke atas, ada juga banyak daratan yang tenggelam ke dasar laut, sejak kondisi ini stabil sampai keadaan sekarang, sudah bersejarah puluhan juta tahun.
Namun di banyak dasar laut, telah ditemukan sejumlah bangunan yang tinggi besar dengan pahatan yang sangat indah, dan bukan berasal dari warisan budaya umat manusia modern, jadi pasti bangunan yang telah dibuat sebelum ia tenggelam ke dasar laut.” Dipandang dari sudut ini, misteri asal mula Piramida dasar laut ini sudah dapat dipecahkan.

[sunting] Peristiwa-peristiwa terkenal

[sunting] Penerbangan 19

Pesawat pada penerbangan TBF Grumman Avenger, mirip dengan penerbangan 19
Salah satu kisah yang terkenal dan bertahan lama dalam banyaknya kasus misterius mengenai hilangnya pesawat-pesawat dan kapal-kapal yang melintas di segitiga bermuda adalah Penerbangan 19. Penerbangan 19 merupakan kesatuan angkatan udara dari lima pesawat pembom angkatan laut Amerika Serikat.
Penerbangan itu terakhir kali terlihat saat lepas landas di Fort Lauderdale, Florida pada tanggal 5 Desember 1945. Pesawat-pesawat pada Penerbangan 19 dibuat secara sistematis oleh orang-orang yang ahli penerbangan dan kelautan untuk mengahadapi situasi buruk, namun tiba-tiba dengan mudah menghilang setelah mengirimkan laporan mengenai gejala pandangan yang aneh, dianggap tidak masuk akal.
Karena pesawat-pesawat pada Penerbangan 19 dirancang untuk dapat mengapung di lautan dalam waktu yang lama, maka penyebab hilangnya dianggap karena penerbangan tersebut masih mengapung-apung di lautan menunggu laut yang tenang dan langit yang cerah.
Setelah itu, dikirimkan regu penyelamat untuk menjemput penerbangan tersebut, namun tidak hanya pesawat Penerbangan 19 yang belum ditemukan, regu penyelamat juga ikut lenyap. Karena kecelakaan dalam angkatan laut ini misterius, maka dianggap "penyebab dan alasannya tidak diketahui".
Dan juga ditemukan adanya kaitan segitiga bermuda dengan atlantis yang ditemukan adanya penemuan kota-kota kuno dan berbagai bangunan di segitiga bermuda tersebut". Atlantis yang diduga tenggelam dalam waktu satu hari satu malam diduga kuat tenggelam di segitiga bermuda dan beberapa kawasan lainnya yang mirip dengan kejadian yang ada pada segitiga bermuda tersebut salah satunya yaitu di Indonesia, Malaysia, India, dan lainnya".

[sunting] Kronologi dari beberapa peristiwa terkenal

  • 1840: HMS Rosalie
  • 1872: The Mary Celeste, salah satu misteri terbesar lenyapnya beberapa kapal di segitiga bermuda
  • 1909: The Spray
  • 1917: SS Timandra
  • 1918: USS Cyclops (AC-4) lenyap di laut berbadai, namun sebelum berangkat menara pengawas mengatakan bahwa lautan tenang sekali, tidak mungkin terjadi badai, sangat baik untuk pelayaran
  • 1926: SS Suduffco hilang dalam cuaca buruk
  • 1938: HMS Anglo Australian menghilang. Padahal laporan mengatakan cuaca hari itu sangat tenang
  • 1945: Penerbangan 19 menghilang
  • 1952: Pesawat British York transport lenyap dengan 33 penumpang
  • 1962: US Air Force KB-50, sebuah kapal tanker, lenyap
  • 1970: Kapal barang Perancis, Milton Latrides lenyap; berlayar dari New Orleans menuju Cape Town.
  • 1972: Kapal Jerman, Anita (20.000 ton), menghilang dengan 32 kru
  • 1976: SS Sylvia L. Ossa lenyap dalam laut 140 mil sebelah barat Bermuda.
  • 1978: Douglas DC-3 Argosy Airlines Flight 902, menghilang setelah lepas landas dan kontak radio terputus
  • 1980: SS Poet; berlayar menuju Mesir, lenyap dalam badai
  • 1995: Kapal Jamanic K (dibuat tahun 1943) dilaporkan menghilang setelah melalui Cap Haitien
  • 1997: Para pelayar menghilang dari kapal pesiar Jerman
  • 1999: Freighter Genesis hilang setelah berlayar dari Port of Spain menuju St Vincent.

[sunting] Lihat pula

[sunting] Referensi

  1. ^ Abu Hurayrah mengatakan bahwa Rasulullah SAW telah bersabda “Apabila salah seorang berada ditempat yg terbuka atau di tengah matahari sedang bersinar, lalu bayangan yg meneduhinya bergerau sehingga sebagian dari dirinya terletak ditempat panas dan sebagian lagi di tempat sejuk, maka hendaklah dia berdiri atau meninggalkan tempat itu.”
  2. ^ Misteri segitiga bermuda versi islam

[sunting] Pranala luar

Inilah Tempat Terseram di Jakarta


Tempat Terseram di Jakarta

Inilah Tempat Terseram di Jakarta

1. RUMAH PONDOK INDAH

Lokasi: Jln. Metro Pondok Indah, Jak-Sel
Fenomena: Penampakan hantu bpk2 dan perempuan.
Sejarah: Masih ingat ramainya pembicaraan di akhir September 2002 tentang hilangnya seorang tukang nasi goreng di depan rumah kosong ini?

Kejadian ini jadi menghebohkan karena di depan rumah tersebut hanya tertinggal gerobak nasi gorengnya. Konon katanya, malam sebelum hilang tukang nasi goreng tersebut hendak mengantar nasi goreng yang dipesan oleh seorang perempuan ke dalam rumah. Namun, ia tak pernah keluar lagi.
Mengenai sejarah rumah itu, konon seisi keluarga pemilik rumah ini tewas dalam peristiwa perampokan bermotif persaingan bisnis. Sejak itu, banyak orang yang lewat kerap melihat jelmaan hantu seperti hantu bapak-bapak dan hantu perempuan. Namun, akhir-akhir ini sudah tidak banyak kejadian
horor yang dilaporkan terjadi di rumah ini. Bahkan beberapa waktu lalu, rumah ini sempat dijadikan tempat bermalam para tunawisma.

Testimonial: Sekitar tahun 2002, Nurdin (32), penjual gulai dan soto di sekitar Pondok Indah, mengaku pernah melihat hantu yang menyerupai
bapak-bapak hilir-mudik di halaman depan rumah ini.

2. TAMAN KOTA LANGSAT, MAYESTIK

Lokasi: Di belakang pasar burung Barito Jak-Sel.
Fenomena: Kuntilanak dan genderuwo
Sejarah: Taman Langsat ini sebenarnya merupakan fasilitas olah raga dan bersantai yang cukup lengkap. Di dalamnya tumbuh pepohonan yang asri. Hanya saja, tidak banyak orang yang memanfaatkan fasilitas ini. Karena sepi, taman kota ini pun menjadi angker, terutama pada malam hari.

Konon pada malam hari, warga kerap melihat kuntilanak di pohon-pohon di taman Langsat.
Testimonial: Kisah hantu dan orang-orang yang kesurupan bukan lagi barang baru bagi Ibu Rahmat (34), penjual rokok di tepi taman Langsat, yang sudah 25 tahun membuka kios rokok tersebut. Suatu ketika, tamu yang sedang kongkow di warungnya pernah pamit pada jam 1 pagi karena
mengaku melihat genderuwo. Setiap kali berjaga malam, Syamsuri (21), Satpam yang telah bertugas selama 3 tahun di Taman Langsat, sering mencium bau-bau aneh dan mendengar suara-suara tertawa yang tak jelas sumbernya.

3. RUMAH KENTANG PRAPANCA

Lokasi: Jln. Dharmawangsa 9, Jak-Sel, persis di sebelah salah satu club terkemuka di daerah ini.
Fenomena: Hantu anak kecil

Sejarah: Konon, di rumah ini ada seorang anak kecil yang terjatuh ke dalam kuali yang sedang digunakan untuk merebus kentang. Apabila Anda sedang 'mujur' dan lewat di depan rumahnya, Anda dapat mencium aroma kentang rebus dan mendengar suara anak kecil menangis.
Testimonial: Agip (24) sudah menjaga kios rokok di depan rumah ini sejak tahun 1997. Agip mengaku sering mencium aroma kentang rebus, terutama menjelang malam, meskipun rumah kosong ini sempat ramai karena disewa oleh ekspatriat.

4. LINTASAN KERETA BINTARO

Lokasi: Bintaro, Jakarta Selatan
Fenomena: Makhluk menyeramkan korban tabrakan kereta
Sejarah: Pada 19 Oktober 1987, terjadi kecelakaan kereta yang menewaskan ratusan orang di dekat Stasiun Sudimara, Bintaro. Di lintasannya sendiri juga sudah berulang kali terjadi kecelakaan yang memakan korban nyawa. Konon, lintasan ini dianggap angker karena sering terdengar suara orang menangis dan menjerit.

Testimonial: Imam (31), teknisi rel yang bekerja sejak tahun 1996. Ia pernah melihat makhluk yang wujudnya seperti orang berbalut sarung hitam. Meski kereta sudah bolak-balik lewat melindasnya, makhluk ini tak mau pergi seperti sengaja meledek. Akhirnya di rel tersebut diadakan
pemotongan kerbau. Ia juga pernah bertemu makhluk serupa perempuan Belanda di zaman kolonial, dan kuntilanak melintas di rel.

5. JEMBATAN ANCOL

Lokasi: Jembatan Ancol (eks jembatan goyang), Pantai Ancol, dan daerah lain sekitar Ancol, Jak-Ut
Fenomena: Siti Ariah Si Manis Jembatan Ancol (populer dengan sebutan Maryam setelah kisahnya diangkat ke layar kaca)
Sejarah: Pada 1995, seorang pelukis di Ancol didatangi seorang perempuan yang meminta dilukis. Ketika pelukis baru menggambar setengah bagian tubuhnya, perempuan itu menghilang. Warga percaya bahwa perempuan itu adalah Si Manis Jembatan Ancol. Mitos ini sudah dimulai puluhan tahun sebelumnya. Di tahun 60-an ketika daerah Ancol masih berupa empang-empang, seorang pendayung perahu pernah bertemu dengan Si Manis. Perempuan itu naik perahu malam-malam ddan membayar pendayung tersebut dengan daun.

Keterangan ini didapat dari Kostan Simatupang (65), seorang fotografer keliling di Ancol, teman dari pendayung perahu tadi. Testimonial: Anshori (38), penjual rokok di dekat pintu keluar Ancol, mengaku pernah melihat Siti Ariah dari dekat. Ia membuka pertama kali kios rokoknya di sini pada 1990, tepatnya di samping jembatan goyang. Saat itu malam Jumat, Anshori sedang menunggui kiosnya, agak gerimis. Sekitar pukul 1 pagi, lewat seorang perempuan. Ketika sudah agak jauh,
perempuan itu berbalik arah menghampiri kios Anshori sembari tersenyum. Anshori menyapa perempuan yang dikiranya calon pembeli dagangannya itu. Jarak Anshori dengan perempuan itu kira-kira 50 cm. Menurut Anshori, perempuan itu berwajah manis, serta memakai kemeja kuning dan rok abu-abu. Setelah ditanya hendak belanja apa, perempuan itu menghilang.

Meski tidak memakai pakaian serba putih, Anshori yakin perempuan itu adalah Si Manis Jembatan Ancol. Semenjak kejadian itu, Anshori merasa dagangannya kian laku dan rejekinya semakin lancar.

6. KLENDER


Lokasi: Klender, Jak-Tim
Fenomena: Makhluk korban kebakaran kerusuhan Mei 1998.
Sejarah: Saat kerusuhan Mei tahun 1998, ada salah satu pertokoan di daerah Klender yang dijarah dan dibakar massa . Kebakaran ini menyebabkan ratusan korban jiwa, di antaranya pegawai pertokoan, pengunjung, dan para penjarah. Usai kerusuhan tersebut, dilaporkan banyak kejadian aneh, misalnya, segerombolan orang menyetop angkot di depan pertokoan, ketika sudah jalan sekitar 100 meter, semua penumpang angkot tersebut wajahnya berubah menjadi hangus. Semenjak pertokoan ini dibangun dan ramai kembali di tahun 2000, sudah tidak banyak lagi kejadian mistis di sekitarnya. Ini mungkin juga karena warga masih menghormati dan memperingati hari berkabung setiap tanggal 14 Mei. Namun demikian, menurut penuturan warga, jika Anda duduk sendiri
di sebelah booth telepon koin di halaman pertokoan pada malam Jumat pukul 1 pagi, Anda akan ditemani oleh sosok lain di dekat Anda.

Dahulu, sekitar 15 jenazah korban kerusuhan sempat ditampung sebelum dievakuasi di sekitar telepon umum tersebut.

Testimonial: Ali (21) warga asli Klender, pada 2002, bersama dua orang sepupunya melakukan ghost-hunting di basement salah satu pertokoan di daerah Klender. Saat itu hari Rabu malam, ia membakar kemenyan dan madat, serta membawa sesajen berupa kopi hitam. Sekitar jam 2 pagi tercium bau daging terbakar yang sangat menyengat. Tak berapa lama kemudian, muncullah dua sosok makhluk;
yang satu penuh darah di sekujur tubuhnya, yang satu lagi hangus terbakar dengan tubuh yang tak lengkap.
  Sumber : Forumkami.com  

Tempat Paling Berhantu Dan Terseram di Dunia

Tempat Paling Berhantu Dan Terseram di Dunia


Inilah Tempat Paling Berhantu Dan Terseram di Dunia

Musim dingin adalah waktu yang indah untuk kisah hantu yang baik. Dalam jam-jam panjang gelap dan lampu-lampu berkelap-kelip musim liburan, itu terlalu mudah untuk membayangkan lebih banyak bayangan daripada seharusnya. Kesemutan yang paling tulang belakang cerita, meskipun, adalah orang-orang bersumpah untuk menjadi benar. Daftar berikut adalah jenis ini hantu: Spesifik penampakan, disaksikan oleh beberapa orang pada waktu yang berbeda di tempat yang sama. Semakin banyak saksi, semakin dihormati para saksi, semakin baik. Apakah Anda percaya pada hantu atau tidak, cerita-cerita ini menangkap imajinasi.

Kate Morgan
Hotel del Coronado


The Hotel del Coronado adalah Victoria menakjubkan hotel resor pantai di selatan California sangat kota Coronado, di selatan San Diego. Hanya empat tahun terbuka ketika seorang wanita muda yang cantik bernama Kate Morgan check-in pada tanggal 24 November, 1892. Dia tampaknya sangat sakit untuk sementara waktu dia menghabiskan waktu di hotel, dan itu kemudian berspekulasi dia telah mengambil kina dosis besar dalam upaya untuk mendorong keguguran anak yang tidak diinginkan. Bahwa dia bingung ada sedikit argumen, sehingga ketika ia ditemukan di luar anak tangga menuju ke pantai di 29 November dengan satu lubang peluru di pelipisnya dan pistol di dekatnya, kematian itu dengan cepat memimpin sebuah bunuh diri. Sejak saat itu, fenomena aneh telah dilaporkan di hotel: suara-suara aneh, lampu berkedip-kedip dan mematikan, dan bahkan kadang-kadang hantu pakaian wanita pada zaman Victoria berkeliaran di lorong-lorong.

Ghosts of the Stanley Hotel


Jika Anda tinggal di mana Stanley Hotel Estes Park, Colorado, dan berpaling pada saluran 42 dari ruang tamu Anda televisi, Anda akan menyaksikan salah satu favorit sepanjang masa film: The Shining. Tidak peduli apa waktu siang atau malam, atau tahun dalam hal ini, ia selalu. Itu bukan supranatural, tentu saja-hanya mengangguk peran mereka sebagai inspirasi bagi novel Stephen King. Laporan Karyawan mendengar keributan dari partai besar di ballroom ketika tidak ada orang di sana. Anak-anak bermain dapat didengar di lorong-lorong jika tidak ada anak-anak sama sekali, dan banyak tamu telah melaporkan melihat hantu angka-angka dalam kamar mereka pada malam hari, hanya berdiri, mengawasi. Lantai empat tampaknya menjadi tuan rumah yang paling jumlah aktivitas, dan ada satu hantu pada khususnya, konon Tuhan Dunraven, pemilik sebelumnya tanah properti itu dibangun di atas, yang dapat dilihat berdiri di atas tempat tidur atau melihat keluar jendela kamar 407. Dia secara luas disalahkan untuk perhiasan atau barang-barang berharga yang hilang di hotel selama bertahun-tahun.

The Brown Lady
Raynham Hall


Raynham Hall di Norfolk, Inggris, adalah rumah bagi subjek dari salah satu foto hantu paling terkenal yang pernah tertangkap, Brown Lady ini dinamai demikian karena ia muncul dalam brokat kaya gaun cokelat. Dia secara luas diyakini sebagai Lady Dorothy Walpole, adik dari Sir Robert Walpole, yang menikah dengan Charles, 2nd Viscount Townshend pada tahun 1713. Dia meninggal secara misterius pada tahun 1726, dan penampakan-nya dimulai tak lama setelah. Meskipun laporan penampakan telah memudar secara dramatis sejak foto itu diambil pada tahun 1936, penampakan sebelum itu telah dilaporkan oleh beberapa sumber yang cukup terkenal. Account favorit saya dari Mayor Loftus, yang tinggal di Raynham Hall pada 1849. Pensiun tidur suatu malam, ia dan seorang teman bernama Hawkins mengamati seorang wanita di brokat cokelat yang menghilang sebagai Mayor Loftus mendekatinya. Bertekad untuk menghadapi penampakan, malam berikutnya ia kembali ke tempat yang sama dia dan melihat dia lagi. Dia merasa ngeri Namun melihat, bahwa ketika ia menatap wajahnya ia hanya melihat dua soket hitam di mana matanya seharusnya. Mengganggu untuk sedikitnya!

Clifton Hall


Jika Anda memiliki cadangan £ 2.75 million petelur di sekitar, Anda bisa menjadi pemilik bangga Clifton Hall di Nottinghamshire, Inggris. Properti itu tercatat jauh ke belakang abad ke-11, dan berada di tangan keluarga Clifton dari abad ke-13 sampai penjualan pada tahun 1958. Dari sana itu menjadi sekolah, maka sekolah lain, maka sekolah lain, maka direncanakan set apartemen mewah, sebelum akhirnya menetap sebagai kediaman pribadi yang paling baru-baru ini milik seorang mister Anwar Rashid, istrinya, dan keempat anaknya. Ini membanggakan 17 kamar tidur, 10 kamar mandi, 10 ruang resepsi, sebuah olahraga swasta dan bioskop. Oh, dan beberapa hantu, tentu saja. Rashid keluarga yang mengalami fenomena mengganggu malam pertama mereka di rumah, dalam bentuk suara ketukan dan suara seorang pria memanggil "Halo, ini siapa pun di sana?" Dalam satu insiden, istri Anwar, Nabila, turun untuk mempersiapkan susu untuk mereka putra berusia 18 bulan pukul lima pagi dan mengamati anak perempuan tertua dia duduk di depan televisi. Ketika memanggil padanya tidak memberi jawaban, Nabila punya perasaan aneh dan kembali ke atas ke kamar putrinya, di mana yang tertua ditemukan masih tertidur pulas di tempat tidurnya. The Rashids melarikan diri dari rumah setelah 8 bulan memasang dengan keberadaan hantu. Meskipun account mereka adalah yang paling terbaru dan termudah untuk menemukan selama penelitian, ada desas-desus dan penampakan di properti selama orang bisa ingat, termasuk bayi menangis dan seorang wanita yang bisa dilihat melalui jendela mondar-mandir di sebuah ruangan yang telah bata dan tidak dapat diakses. 
Sumber : Forumkami.com

Cara Berikhlas

Contoh Format Doa Quantum Ikhlas


Doa pembuka

Bismillah hirrahman nirrahim.

Dengan Izin dan Pertolongan Alloh, aku yakin aku bisa meraih apapun yang aku inginkan.
Aku izinkan diriku untuk:
  1. berhasil dan
  2. berubah.
Aku izinkan nasibku untuk:
  • terus membaik.

Saat ini dan selamanya aku selalu mengizinkan semua yang aku inginkan untuk hadir di dalam hidupku dengan mudah dan menyenangkan. Terima kasih ya Alloh.

Isi Doa/Niat/Harapan

Rasanya lebih enak ya, kalau:
• cicilan semua kartu kredit saya balancenya Rp 0,-
• cicilan rumah saya bisa lancar dibayar tiap bulan
• tabungan saya di bank ada Rp 500 juta.
• penghasilan saya selalu lebih besar dari pengeluaran saya
• mempunyai beberapa sumber aliran rezeki yang lancar
• bisnis online saya menghasilkan uang
• uang mengalir deras terus ke account paypal saya
• mampu mengelola uang atau rizki dengan baik
• proposal saya lolos dan bisa mengerjakan proyek itu
• badan sehat, segar dan bugar
• memiliki otak pintar, cerdik
• memiliki IQ,EQ dan SQ yang tinggi
• memiliki daya ingat yang baik
• punya hati yang selalu ikhlas
• punya hati yang bening
• hati ini sehat (qolbun saliim)
• percaya diri
• bisa bicara dengan baik dan berkharisma di depan umum
• naik haji 5 tahun lagi
• bisa berangkat umroh sekeluarga dua tahun lagi
• bisa shalat tahajud tiap malam dengan khusyu
• setiap sholat bisa dilakukan dengan khusyu
• bisa ikut pelatihan Quantum Ikhlas
• punya notebook baru yang canggih
• punya anak-anak yang baik hati, berakhlak mulia, cerdas, disiplin, ramah, pandai bergaul, gigih, berani, sholeh/sholeha.
• bisa menemukan bakat sendiri
• bakat anak-anak sudah bisa ditemukan dan diarahkan
• bisa keliling dunia melihat keanekaragaman ciptaan Allah
• dapat membagiakan orang tua
• membahagiakan istri dan anak-anak
• bisa bermanfaat banyak bagi orang lain
• bisa menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi dunia
• mengenal Allah lebih baik lagi
• puasa Senin Kamis
• dapat menolong anak-anak yatim
• mampu memberi beasiswa kepada anak-anak tidak mampu tetapi berprestasi
• mampu membeli 4 ekor domba untuk qurban tahun ini
• bisa punya rumah yang asri, modern dan ramah lingkungan
• dst.


Doa penutup

Dengan PertolonganMu Ya Alloh Aku ikhlas menerimanya......3 kali
Robbana atina fiddunya hasanah wa fil akhiroti hasanah waqina aza bannar.

Amin ya Robbal alamin


Keterangan:
1. Hindari kata “tidak” (kata negatif)
2. Selalu hadirkan “Perasaan Positif” (Positive Feeling) pada setiap keinginan, seperti: “enak ya”, “rasanya bahagia ya”, “rasanya plong ya”, “rasanya lega ya”, dst.

Kisah Abu Nawas

Kisah Abu Nawas akan Disembelih

Hari itu Abu Nawas sengaja menghabiskan waktunya berkeliling kampung, pinggiran Kota Baghdad. Ia baru pulang saat menjelang maghrib. Ketika lewat Kampung Badui (orang gurun) ia bertemu dengan beberapa orang yang sedang memasak bubur. Suasananya ramai, bahkan riuh rendah. Tanpa disadari ia di tangkap oleh orang-orang itu dan dibawa ke rumah mereka untuk disembelih.
“Mengapa aku ditangkap?” tanya Abu Nawas.
“Hai, orang muda, kata salah seorang diantaranya sambil menunjuk ke belanga yang airnya sedang mendidih, “Setiap orang yang lewat di sini pasti kami tangkap, kami sembelih seperti kambing, dan dimasukkan ke belanga bersama adonan tepung itu. Inilah pekerjaan kami dan itulah makanan kami sehari-hari.”
Meski ketakutan Abu Nawas masih berpikir jernih, katanya, “Lihat saja, badanku kurus, jadi dagingku tidak seberapa, kalau kau mau besok aku bawakan temanku yang badannya gemuk, bisa kau makan untuk lima hari. Aku janji, maka tolong lepaskan aku.”
“Baiklah, bawalah orang itu kemari,” jawab si Badui.
“Besok waktu maghrib orang itu pasti kubawa kemari,” kata Abu Nawas lagi. Setelah saling bersalaman sebagai tanda janji, Abu Nawas pun di lepas.
Di sepanjang jalan menuju rumahnya, Abu Nawas berpikir keras, “Sultan itu kerjanya seharian hanya duduk-duduk sehingga tidak tahu keadaan rakyat yang sebenarnya. Banyak orang jahat berbuat keji, menyembelih orang seperti kambing, tidak sampai ke telinga Sultan. Aneh, kalau begitu. Biar kubawa Sultan ke kampung Badui, dan kuserahkan kepada tukang bubur itu.”
Lantas Abu Nawas masuk ke istana dan menghadap Sultan. Setelah memberi hormat dengan membungkukkan badan, ia berkata, ya tuanku, Syah Alam, jika tuanku ingin melihat tempat yang sangat ramai, bolehlah hamba mengantar kesana. Di sana ada pertunjukan yang banyak dikunjungi orang.”
“Kapan pertunjukan itu dimulai?” tanya sang Sultan.
“Lepas waktu ashar, tuanku,” jawab Abu Nawas.
“Baiklah.”
Abu Nawas pamit pulang, esok sore Abu Nawas siap menemani Sultan ke kampung Badui. Sesampainya di rumah penjual bubur, baginda mendengar suara ramai yang aneh baginya.
“Bunyi apakah itu, kok ramai sekali?” tanya baginda sambil menunjuk sebuah rumah.
“Ya tuanku, hamba juga tidak tahu, maka izinkanlah hamba menengok ke rumah itu, sebaiknya tuan menunggu di sini dulu.” Kata Abu Nawas.
Sesampainya di rumah itu Abu Nawas melapor kepada si pemilik rumah bahwa ia telah memenuhi janjinya membawa seseorang yang berbadan gemuk. “Ia sekarang berada di luar dan akan aku serahkan kepadamu.” Ia kemudian keluar bersama si pemilik rumah menemui Sultan.
“Bunyi apa yang riuh rendah itu?” tanya Sultan.
“Rumah itu tempat orang berjualan bubur, mungkin rasanya sangat lezat sehingga larisnya bukan main dan pembelinya sangat banyak. Mereka saling tidak sabar sehingga riuh rendah bunyinya,” kata Abu Nawas.
Sementara itu si pemilik rumah tadi tanpa banyak cingcong segera menangkap Sultan dang membawanya ke dalam rumah. Abu Nawas juga segera angkat kaki seribu. Dalam hati ia berpikir, “Jika Sultan itu pintar, niscaya ia bisa membebaskan diri. Tapi kalau bodoh, matilah ia disembelih orang jahat itu.”
Akan halnya baginda Sultan, ia tidak menyangka akan dipotong lehernya. Dengan nada ketakutan Sultan berkata, “Jika membuat bubur, dagingku tidak banyak, karena dagingku banyak lemaknya, lebih baik aku membuat peci. Sehari aku bisa membuat dua buah peci yang harganya pasti jauh lebih besar dari harga buburmu itu?” Seringgit” jawab orang itu.
“Seringgit?” tanya Sultan. “Hanya seringgit? Jadi kalau aku kamu sembelih, kamu hanya dapat uang seringgit? Padahal kalau aku membuat kopiah, engkau akan mendapat uang dua ringgit, lebih dari cukup untuk memberi makan anak-istrimu.”
Demi mendengar kata-kata Sultan seperti itu, dilepaskannya tangan Sultan, dan tidak jadi disembelih.
***
Sementara itu Kota Bagdad menjadi gempar karena Sultan sudah beberapa hari tidak muncul di Balairung. Sultan hilang, seluruh warga digerakkan untuk mencari Sultan ke segenap penjuru negeri. Setelah hampir sebulan, orang mendapat kabar bahwa Sultan Harun Al-Rasyid ada di kampung Badui penjual bubur. Setiap hari kerjanya membuat Peci dan si penjualnya mendapat banyak untung.
Terkuaknya misteri hilangnya Sultan itu adalah berkat sebuah peci mewah yang dihiasi dengan bunga , di dalam bunga itu menyusun huruf sedemikian rupa sehingga menjadi surat singkat berisi pesan: “Hai menteriku, belilah kopiah ini berapapun harganya, malam nanti datanglah ke kampung Badui penjual bubur, aku dipenjara di situ, bawalah pengawal secukupnya.” Peci itu kemudian diberikan kepada tukang bubur dan agar dijual kepada menteri laksamana, karena kopiah ini pakaian manteri.”Harganya sepuluh ringgit, niscaya dibeli oleh menteri itu,” pesannya.
Tukang bubur itu sangat senang hatinya, maka segeralah ia pergi kerumah menteri tersebut. Pak menteri juga langsung terpikat hatinya begitu melihat peci yang ditawarkan itu, memang bagus buatannya, apalagi dihiasi dengan bunga diatasnya. Namun ia kaget begitu mendengar harganya sepuluh ringgit, tidak boleh kurang. Dan ketika matanya menatap bunga itu tampaklah susunan huruf. Setelah dia baca, mengertilah dia maksud kopiah itu dan segera dibayarnya.
Malamnya menteri dengan pengawal dan seluruh rakyat mendatangi kampung Badui dan segera membebaskan Sultan dan membawanya ke Istana. sedangkan penghuni kampung Badui itu, atas perintah Sultan, dibunuh semuanya karena perbuatannya terlalu jahat.
Keesokan harinya Sultan memerintahkan menangkap Abu Nawas dan akan menghukumnya karena telah mempermalukan Baginda Sultan. Ketika itu Abu Nawas sedang shalat duhur. Setelah salam iapun ditangkap beramai-ramai oleh para menteri yang diutus kesana dan membawanya pergi ke hadapan sultan.
Begitu melihat Abu Nawas, wajah Sultan berubah garang, matanya menyala seperti bara api, beliau marah besar. Dengan mulut mnyeringai beliau berkata, “Hai, Abu Nawas, kamu benar-benar telah mempermalukan aku, perbuatanmu sungguh tidak pantas, dan kamu harus dibunuh.
Maka, Abu Nawas pun menghormat. “Ya tuanku, Syah Alam, sebelum tuanku menjatuhkan hukuman, perkenankan hamba menyampaikan beberapa hal.”
“Baiklah” kata Sultan, “Tetapi kalau ucapanmu salah, niscaya aku bunuh hari ini juga kamu.”
“Ya Tuanku Syah Alam, alasan hamba menyerahkan paduka kepada si penjual bubur itu adalah ingin menunjukkan kenyataan di dalam masyarakat negeri ini kepada paduka. Karena hamba tidak yakin paduka akan percaya dengan laporan hamba. Padahal semua kejadian yang berlaku di dalam negeri ini adalah tanggung jawab baginda kepada Allah kelak. Raja yang adil sebaiknya mengetahui semua perbuatan rakyatnya, untuk itu setiap Raja hendaknya berjalan-jalan menyaksikan hal ihwal mereka itu. Demikianlah tuanku, jika perkataan hamba ini salah, hukumlah hamba, tetapi bila hukuman itu dilaksanakan juga hamba tidak ikhlas, sehingga dosanya menjadi tanggung jawab tuanku di dalam neraka.”
Setelah mendengar ucapan Abu Nawas, hilanglah amarah baginda. Dalam hati beliau membenarkan seluruh ucapan Abu Nawas itu.
“Baiklah, kuampuni kamu atas segala perbuatanmu, dan jangan melakukan perbuatan seperti itu lagi kepadaku.”
Maka, Abu Nawas pun menghaturkan hormat serta mohon diri pulang ke rumah.
Referensi Kisah Al-kisah 10 / 10-23 Mei 2004

Rahasia Dibalik Reality Show

Gelang Merah Untuk Anak Indonesia
FAKTA: Rahasia Dibalik Reality Show

>
oleh: Zulfa Rida Yogatama
Perhatian: "LIPUTAN KHUSUS MEDIA KITA KALI INI DITULIS BERDASARKAN INFO DAN PENGETAHUAN DENGAN TUJUAN MENJAWAB KERAGUAN SERTA PERTANYAAN DARI PARA PENONTON TENTANG BENAR TIDAKNYA TAYANGAN REALITY SHOW. Beberapa rahasia teknis yang dipaparkan untuk memperkuat hipotesis disertai bukti-bukti yang relevan. LIPUTAN INI TIDAK BERTUJUAN KONTRA TERHADAP DUNIA PERTELEVISIAN SAAT INI !"


Reality show sebenarnya hanya berupa sebuah hiburan semata yang sudah dibumbui dengan berbagai dramatisasi atau pengadeganan, dengan mengikuti skenario yang tujuannya adalah untuk menarik penonton sebanyak-banyaknya. Perlu adanya sentuhan dramatis agar lebih menggigit ditontonnya.

Jika sebuah acara reality show di buat tanpa pengadeganan sama sekali maka MUSTAHIL ! Sebab jika bener-benar real semuanya, maka acara itu tidak akan bertajuk reality show lagi tetapi mungkin lebih tepat akan menjadi acara DOKUMENTER

Selama nama acaranya itu reality show, tentunya tidak akan murni real sama sekali ! Dalam arti kata mungkin ada yang real tetapi ada juga yang di dramatisir. Tergantung sekarang berapa persen perimbangannya. Apakah lebih besar kebohongannya atau yang benarnya. Jika ada sebuah stasiun TV yang ngotot mengklaim reality shownya asli beneran seluruhnya maka sebaiknya tajuk acaranya diganti aja dengan DOKUMENTER

Beberapa acara reality show Indonesia yang masih bisa disebut real atau persentase kebenarannya lebih besar dari dramatisasi atau kebohonganya, adalah : BEDAH RUMAH, UANG KAGET, TOLONG dll.

Sebab ada banyak hal yang benar-benar dilakukan disana : seperti membantu orang yang tidak punya untuk memperbaiki rumah mereka dll. Tetapi memang ada sedikit dramatisasi/sedikit kebohongan yang tidak akan nampak jika kita menontonnya dilayar kaca. Misalnya : waktu pembangunan rumah yang sebenarnya tidak betul harus 12 jam seperti itu. Membangun rumah bukanlah hal yang mudah, makanya diperlukan waktu yang cukup lama.

Bahkan, masih ingat dulu ada acara HIPNOTIS ROMY RAFAEL di SCTV ? Bermula dari rasa penasaran ketika ada artikel yang bersaksi bahwa dia pernah dibayar untuk berpura-pura di hipnotis dalam acara itu, maka kami pun tertarik mencari tahu lagi. Suatu ketika dalam artikel yang mewawancarai salah satu tim produksi acara itu menyebutkan: "Menghipnotis orang tidaklah bisa dalam waktu singkat seperti yang ada dalam tayangan itu dan itu juga diakui oleh mas Romy sendiri kok". Jadi bukan hanya dgn menjentikkan jari langsung si target terhipnotis begitu.

Intinya, apakah ini semua palsu (fake) ? Jawaban dari tim produksinya : "Ya,...sebagian besar memang fake karena mereka harus mengejar jam tayang setiap minggunya. Namun ada juga yg beneran yang sebenarnya butuh waktu lama. Makanya Romy akan menghipnotis orang itu 2 jam sebelumnya. Lalu ketika hipnotis sudah bekerja barulah syuting dilanjutkan lagi. Yang tayang di TV nanti yang sudah di edit seakan-akan Rommy hanya menjentikkan jari seketika itu juga si target terhipnotis !"

Persentase antara orang yg bener-benar dihipnotis dengan yang fake adalah banyakan yg difake supaya memudahkan produksi cepat kelar beberapa episode dalam sehari. Makanya banyak aktor dadakan yang dibayar untuk berpura-pura terhipnotis. Ilmu hipnotis Romy Rafael tentunya memang berbeda dengan ilmu hitam yg digunakan para penjahat buat menghipnotis korbannya di terminal-terminal. Kalau itu kan mereka menggunakan jampi jampi atau jimat sementara Romy tidak.

Ada juga beberapa reality show yang ketahuan banget bohongannya seperti acara yang ada di SCTV kayak pacar pertama, backstreet dll. Bahkan reality show di Trans TV pun ada beberapa yang ketahuan banget bohongnya bahkan bisa jadi full skenario.

Tahukan anda bahwa sebenarnya beberapa reality show di AMERIKA pun sebenarnya banyak yang bohongan? Hanya saja mereka lebih pintar menggarapnya sehingga tidak keliatan bohongan.

Sebuah acara infotainment disana yang bertajuk :"100 secrets of hollywood" telah membuka rahasia ini dengan menyebutkan bahwa acara THE BACHELORETTE (acara seorang cewek yg nyari pasangan cowok buat nikah) dan beberapa acara reality show lainnya seperti SURVIVOR ternyata penuh dengan FAKE alias kebohongan !

Contoh yang berhasil ditunjukkan adalah adegan ketika para peserta acara SURVIVOR tsb akan menuju camp nya dari sebuah tempat yang jauh. Dalam tayangan yang disaksikan penonton dibuat dan di dramatisir seakan-akan para peserta berjalan dengan susah payah dan kelelahan. Yang sebenarnya diperlihatkan dibalik layarnya, mereka enak-enakan naik mobil kru kameramen dll. Begitupula ketika ada adegan mereka kelaparan. Mana mungkin kru disitu tega melihat mereka kelaparan sementara kru makan terus ?

Hanya yang cukup salut, pembuat acara ini berhasil membuat seakan-akan para peserta itu bener-bener terdampar dipulau itu tanpa ada kru sama sekali. Pemirsa tidak merasakan adanya kehadiran kru disana. Padahal ketika diperlihatkan dibalik layarnya ternyata kru yang syutingnya segambreng ada diantara mereka.

Selain acara SURVIVOR, acara FEAR FACTOR pun sebenarnya juga tak luput dari beberapa adegan dramatisasi meskipun banyak pula adegan yg bener asli. Salah satunya yaitu pada saat adegan si peserta yang kalah berjalan pulang menjauhi kamera. Adegan tersebut sudah didramatisir seakan-akan yang kalah harus pulang jalan kaki padahal tempat itu sepi tidak ada kendaraan lewat. Efek dramatisasi tersebut membuat penonton percaya itu beneran. Selain itu, ada lagi beberapa adegan tertentu yang berbahaya tidak sepenuhnya dilakukan seperti yang terlihat dilayar, semuanya sudah dalam proses cut dan editing sehingga terasa mengalir

Reality show PIMP MY RIDE di MTV yang jadi kegemaran banyak anak muda yakni tentang menyulap mobil busuk jadi keren. Ini banyak sekali FAKE nya meskipun memang benar mereka mereparasi mobil menjadi bagus itu benar. Bahkan para pemainnya sudah membeberkan rahasianya secara terbuka, dan sudah pernah diulas disebuah majalah besar di Indonesia (Majalah HAI edisi 3 tahun lalu). Salah satu kebohongan mereka adalah ketika adegan mengerjakan mobil-mobil tersebut. Sebenarnya yg mengerjakan mobil-mobil itu adalah para montir yg bener orang bengkel. Sementara si aktor yg bergaya rapper itu hanya berakting saja. Mereka lalu baca skenario saja menjelaskan seakan-akan itu ide mereka.

Scene adegan meeeting menentukan bagaimana design mobil juga penuh pengadeganan. Intinya itu dibuat seperti sebuah sinetron yang diambil satu persatu shot-nya. Bahkan banyak adegan salahnya ketika mereka salah ngafalin skenarionya. Dibuat skenarionya si A jago merubah velg, si B jagonya mendesain interior dan seterusnya. Waktu pengerjaan mobil sendiri sebenarnya lebih lama ketimbang yang disebutkan di acara. Yang kasiannya tidak pernah diperlihatkan para montir yang susah payah ngerjain mobil itu sehingga penonton mengira yg mengerjakan adalah beberapa aktor yg jago nge-rap itu. Biasanya yang ditampilkan di TV seakan akan hanya satu atau dua orang pekerja saja yg mengerjakan padahal yang sebenarnya itu mobil dikeroyok rame-rame sama para pekerja bengkel asli dan prosesnya lama sekali.

Ada lagi yang terungkap, ketika acara 100 secrets of hollywood mewawancarai pemenang acara THE BACHELORETTE yang katanya kini sudah menikah yakni Trista dan Ryan yg didapat dari acara tersebut dan juga mendapat hadiah sejuta dolar menurut acara itu. Wartawan menanyakan rahasia dibalik reality show ini. Namun si Trista berkata : "Sesungguhnya uang untuk menutup mulut kami lebih besar daripada hadiah yang kami dapatkan dalam acara ini". (Dia menggunakan bahasa kiasan untuk menolak bicara dengan wartawan)

Dari sini sudah bisa disimpulkan bahwa ada sebuah rahasia besar dalam dunia reality show ini. Yang pasti si cewek tetap tidak mau membeberkan rahasia sebenarnya dan apakah beneran mereka mendapatkan hadiah sejuta dollar itu ? Sama halnya dengan di SURVIVOR hadiah sejuta dollar tetap dipertanyakan oleh para wartawan apakah hanya bohongan aja ? Sampai sekarang semua pemenangnya tidak ada yang mau jawab.

Kesimpulan : Baik di Indonesia maupun di luar negeri sama-sama menggunakan skenario dan pengadeganan dalam reality shownya..hanya saja yang membedakan adalah : para aktor luar negeri lebih pintar berakting meyakinkan pemirsa bahwa itu bukan akting alias real ketimbang aktor di Indonesia yang ketahuan sekali aktingnya kaku sehingga tidak bisa menciptakan kesan real pada otak penonton. Kasarnya soal menipu penonton, lebih hebat sutradara dan aktor luar negeri.

APAKAH BERARTI INI MEMBOHONGI PENONTON ???

Selama mereka berbohong dengan tujuan untuk menghibur (tidak ada tujuan lain) sebenarnya sah sah saja dan tidak apa apa kok....yang penting acara itu bisa menghibur. Sebab, selama ini sebenarnya semua tayangan yang kita nonton pun sekalipun itu bukan reality show kan dibuat dengan membohongi kita.

Contoh :
Ketika kita menonton sebuah film superhero, dan melihat jagoan kita bisa terbang atau melayang seperti Spiderman, bukankah itu sesuatu kebohongan juga? Lalu kalau itu kebohongan efek grafis atau tipuan kamera belaka, mengapa penonton malah senang dan terhibur tanpa merasa dibohongi? Hanya bedanya memang sudah sadar sedari awal kalo itu hanyalah sebuah film yg didramatisir.

Lalu mengapa kita tidak protes ? Jawabannya adalah : Karena kita memang butuh dihibur sekalipun harus dibohongin dengan trik-trik perfilman. Kita nangis menonton sebuah film padahal kita tahu itu hanya pura-pura saja alias akting, karena kita memang ingin ditipu dengan akting yg menghibur sehingga membuat kita menangis. Kita ketakutan dengan film horor padahal kita tahu itu setan bohongan dgn trik-trik film. Tapi memang penonton seneng ditipu seperti itu, yang penting terhibur

Intinya, selama reality show itu tidak bertujuan negatif untuk merusak keyakinan, kampanye terselubung, politik dll...sebenarnya tidak perlu dipersoalkan lagi... Toh tujuan mereka hanya satu : untuk menghibur

Kalo ada yang bilang mengapa mereka tidak jujur saja mengakui atau memberi tanda bahwa acaranya itu bukan real pada penonton ? Jawabannya adalah : jika dikasih tahu itu bohongan dari awal pastinya tidak akan seru lagi deh acara itu. Sebab acara jenis ini sudah mempunyai genre sendiri. Sekali lagi, jika acaranya itu sudah 100 % real maka tidak kan disebut reality show lagi tetapi akan disebut sebagai DOKUMENTER

REALI
TY SHOW menjadi seakan akan real gara-gara penontonlah yg mengklaim dan menganggap itu beneran ! bukan dari produser ataupun TV tersebut. Bahkan bukan hanya acara TV saja yang bisa diklaim real oleh penonton

sebuah contoh
dari luar : Film "The blair with project" ?

Dulu film ini sempat box office tahun 2000-an awal. Film ini menjadi menarik karena dibuat oleh beberapa mahasiswa dengan menggunakan handycam dan seakan akan berupa dokumenter perjalanan mereka memasuki sebuah hutan terlarang. Diceritakan dalam film itu satu persatu semuanya hilang dan film yg kita saksikan tersebut adalah hasil dari handycam mereka yang ditemukan tergeletak sendirian ditengah hutan oleh polisi.

Banyak orang percaya 100 % bahwa film itu beneran meskipun si pembuat film sudah mengklaim bahwa itu hanya sebuah film yang digarap dengan skenario dan bukan dokumenter. Lalu akibat kesuksesan film itu, maka keluarlah sebuah film lagi berjudul St. Francisville Experiment.


Film ini cara penggarapannya sama dengan blair with the project. Meskipun ceritanya beda karena mengisahkan tentang sekelompok anak muda yg berekperimen menginap disebuah villa hantu sambil mendokumentasikan adegan mereka menggunakan handycam. Si produser film ini ngotot mengklaim bahwa filmnya itu beneran asli alias bukan pengadeganan sama sekali. Bahkan dia mengatakan ini adalah dokumenter. Sampai-sampai mereka mencantumkan nama para pemainnya sebagai para partisipan atau peserta dalam acara yang mirip uji nyali itu.

Namun kesan yang ditangkap ketika menyaksikan film itu ternyata adegannya sangat tidak masuk akal sekali jika isi film itu benar-benar tanpa pengadeganan. Misalnya saja ketika adegan seseorang membuka lemari yg berbunyi gemeretak, tiba-tiba begitu pintu dibuka seekor kucing melompat kearah kameranya.

Ada lagi ketika adegan endingnya mereka semua sudah terikat disebuah ruang penyiksaan, sementara handycam mereka masih merekam terus karena jatuh tergeletak dilantai dan anglenya tepat banget mengarah ke mereka, masa sih bisa begitu ? Pastinya kan udah disetting tuh kayak bikin film.masa hantu bisa megang kamera ?

Di Amerika sendiri, film ini banyak dikecam oleh orang-orang yang dianggap sangat jelas sekali bohongnya. Bagi yang mau menilai itu beneran atau tidak silahkan cari filmnya di google dan nonton.

Dari hal tersebut keluarlah filosofi seperti ini :
"BUAT APA MEMBUAT SESUATU YANG REAL SEMENTARA BELUM TENTU SEMUA ORANG PERCAYA ITU REAL. TETAPI JIKA KITA MEMBUAT SESUATU YANG FAKE BISA JADI MALAH BANYAK YANG PERCAYA BAHWA ITU REAL !
KARENA ITU, NGAPAIN CAPEK-CAPEK MEMBUAT SESUATU YANG BENER REAL KALO YANG FAKE AJA TERNYATA DISANGKA REAL ?"


Itulah sekelumit contoh bahwa dunia hiburan memang kadang sedikit tidak jujur demi untuk MENGHIBUR PENONTON


TIPS UNTUK MENGETAHUI APAKAH REALITY SHOW ITU BOHONGAN ATAU BENERAN :

1. Melalui akting para pemainnya yg gak natural
2. Pada tayangan "Termehek Mehek" tanggal 28 September tentang seorang anak yg diculik oleh bos preman. Lalu tim Termehek Mehek padahal sudah tahu rumah bos preman itu ceritanya. ANEH KAN ? kasus kriminal kok gak dilaporin polisi? Apalagi ini kasus penculikan! Acara yang sangat tidak mendidik karena mengajarkan pemirsa untuk tidak melapor ke polisi jika terjadi sebuah kejahatan.

Secara logika saja, jika sebuah masalah pelik menyangkut hukum dan sosial diselesaikan hanya oleh kru acara Termehek Mehek misalnya, lalu apa gunanya polisi? Kenapa kasus itu tidak pernah diangkat di majalah manapun atau dilaporin polisi jika memang bener-benar pernah terjadi? Di Indonesia ini kasus sekecil apapun pasti bakalan cepet masuk media. Emangnya kru acara itu lebih tinggi wewenangnya menyelesaikan masalah ketimbang aparat yg berwenang ?
jawabnya adalah : ya ...ngapain polisi ikut campur, masalahnya itu kan cuman buatan skenario saja.

3. Apakah mengintip atau mengambil gambar tanpa ijin itu dilegalkan oleh hukum di Indonesia ? Lalu acara Playboy Kabel dan Mata-Mata yg menjebak dan mengintip targetnya itu bukannya pelanggaran hak seseorang? Kenapa si target yang diintip tidak menuntut para kru? Jawabannya ya itu tadi, karena hanya pura-pura saja diintipnya.

4. Bagaimana jika seandainya Anda yang dijadikan target diacara itu? Dipermalukan didepan seluruh penonton Indonesia, bukankah itu aib? Apakah Anda bersedia mengijinkan acara itu tetap ditayangkan? Secara manusiawi mana ada orang yg mau dipermalukan didepan umum dan malah mengijinkan bersedia ditayangin begitu aibnya.

Lalu apakah berarti semua yg main di acara Termehek Mehek berarti orang-orang sakit jiwa yang tidak tahu malu mengumbar masalah pribadinya yg memalukan? Jelas saja mereka berani begitu karena itu bukan beneran, hanya akting saja. Makanya banyak kasus yang terjadi seorang yg bermain dalam acara itu di telponin temen-temannya karena mengira kasusnya beneran. Namun setelah dijelasin barulah temen-temannya paham jika itu semua hanya akting. Lalu mengapa tetap ada sebuah acara yang ngotot menuliskan dibawahnya : "Acara ini telah mendapatkan persetujuan...." Anda pasti bisa menerkanya.

5. Apakah mungkin sebuah masalah yg ditayangkan itu betul-betul diambil berhari-hari bahkan menunggui si target sampai membuang-buang waktu kru? Sedangkan kita tahu reality show itu hanya dibeli jauh dari harga sinetron. 25 juta aja sudah syukur tuh dibeli ama stasiun TV.

Sinetron saja kadang disuruh cepetan buatnya sampe bahkan ada yg buat 2 hari kelar guna hemat biaya produksi. Apakah reality show lebih banyak dana produksinya dari sinetron sehingga bisa menghabiskan lebih banyak hari pembuatannya? Tidak masuk akal kan? Yang pasti untuk pembuatan reality show begini malahan produser menuntut kalo bisa dalam satu hari bisa kelar 2 episode. Jadi sungguh tidak masuk diakal jika reality show dikerjakan melebihi waktu pembuatan sinetron apalagi mereka kan harus kejar tayang setiap minggunya.

Contohnya saja pembuatan film/video dokumenter yang bener-benar asli real 100%, adakah dokumenter asli yang bisa dibuat dalam waktu singkat? Perlu riset sampe syuting berhari-hari belum lagi menunggui target. Sementara kalo reality show kadang baru syuting minggu ini, minggu depan sudah tayang. Kalo ada yg bilang acara itu dibuat berbulan-bulan atau berminggu-minggu, lalu si host-nya dibayar berapa? Emang mereka tida ada kerjaaan lain selain mengikutin klien mereka? Sementara hostnya kebanyakan artis sinetron juga atau penyiar radio kayak Panda yg harus siaran tiap hari

Tips seperti dibawah inilah yang akan memastikan secara tekhnis bahwa real atau tidaknya reality show itu. Tidak perlu ada keraguan lagi apa real atau fake, begitu melihat dari reality show yang seperti dijelaskan dibawah ini maka dapat dipastikan 100 % itu fake.

Cara paling gampang mengetahuinya adalah, dengerin aja sound setiap pemerannya baik-baik. Jika suaranya clear alias sangat jelas, besar dan tidak noise alias bercampur dengan atmosfer udara, maka pemain itu berarti memakai CLIP ON MIC yaitu mikrofon yg dipasang dibalik bajunya. Bentuknya spt ini, batrenya itu dimasukkan kebaju dan diselipkan dipunggung


micnya diletakkan dibalik baju sehingga tidak terlihat


Ini mudah menjadi bumerang bagi sebuah reality show, yakni ketika ada adegan seorang yang dibuntuti lalu dijebak. Nah, ketika berantem perhatikan suara mereka, kalo semuanya sama dan jernih kualitasnya,volumenya besar, maka berarti itu BOHONGAN ! Berarti mereka telah memasangkan mikrofon itu ke setiap pemain dan dengan begitu berarti setiap pemain hanyalah aktor yang berakting. Sebab, jika hanya mengandalkan mic dari si klien, tentunya kualitasnya tidak akan sama besarnya volumenya dengan org yg berada didekatnya namun tdk memakai mic

Seperti cuplikan acara TERMEHEK MEHEK di ULTAH Trans TV ada adegan spt itu. Cuplikannya disini pada link youtube-nya : http://www.youtube.com/watch?v=zbBKtVIPd6Y

Ada adegan seorang pria bule yang ketangkap basah berpacaran dengan kakak si adik yg juga dipacarinya. PERHATIKAN SUARA KETIGA PEMAIN YG BERMAIN DISITU ! SEMUANYA SAMA BESARNYA VOLUMENYA ! Bahkan suara si bule itu pun besar pula, bahkan lebih besar volumenya dan clear daripada pemain lainnya (jelas sekali karena menggunakan clip on mic) padahal statusnya disitu sebagai si terjebak !

Lalu ada adegan mereka berantem adu mulut dan menjauhi seraya mengusir kamera dan kru. Namun anehnya, ketika mereka sudah jauh banget dari kamera, suara mereka masih jelas sekali dan besar volumenya. Sementara si klien yang memakai clip on mic berdiri cukup jauh banget dari mereka meski ceritanya berusaha mengejar mereka kedalam, seharusnya kan suaranya berbeda volume antara yang mengenakan mic dan yang tidak.

Logikanya kalo memang mereka marah dan mengusir kru yg membuntutinya lantas ngapain mereka make clip on mic dari para kru tersebut? JIKA HANYA MENGANDALKAN SUARA DARI MIKROFON SI KLIEN YANG MEMANG JELAS TELAH DIPASANGIN, TENTULAH TIDAK AKAN SAMA BESAR VOLUMENYA (hal ini bisa anda bandingkan dgn acara KENA DEH di AnTV yang jelas sekali perbedaan volume suara si PENANYA (Panji) dengan target yang sedang dikerjainnya. Suara Panji jauh lebih besar dan jelas sementara yg ditanya olehnya kadang kecil sekali suaranya bahkan sayup sayup. Padahal jarak panji dgn dia deket lho.

Yang lebih lucu lagi di acara Termehek Mehek itu, wajah si cowok bule di blur in, seakan-akan membuat real kayak di acara investigasi berita kriminal. Sering juga adegan yg katanya dicuri dari jarak yang jauh sekali kameranya tapi suara si target yg diinvestigasi oleh hostnya sangat jelas dan bagi orang yang pernah berkecimpung di dunia film pasti bisa menduga bahwa itu suara dari clip on mic.

Bahkan banyak sekali terjadi di reality show Indonesia, banyak batre clip on mic nya yang terlihat ditayangan. Acara BACKSTREET di SCTV malahan sering seorang yang dikejar kejar alias dibuntuti tanpa sengaja terlihat sedang memakai CLIP ON MIC. Ada yg terlihat jelas batreinya ketika sedang menunduk terselip dibelakang celananya padahal statusnya ceritanya sedang dibuntuti kru.

Untuk mengetesnya, silahkan anda mengambil gambar dengan kamera tanpa clip on mic lalu berbicara dengan teman anda dipinggir sebuah jalan raya/parkiran, lalu dengarkan suaranya baik-baik.Tentunya akan berisik suara kendaraan dan angin terdengar jelas alias banyak noisenya. Setelah itu coba perhatikan sebuah adegan di reality show cinta-cintaan itu, kebanyakan walaupun ngobrol dipinggir jalanpun suaranya tetap jelas banget. Sekalipun menggunakan zoom mic dari kamera pun hasilnya tetap berbeda dengan clip on mic yg memang khusus buat pengambilan gambar dari jauh jika dalam film.

Bahkan sekalipun juga menggunakan BOOMER MIC seperti ini (yg biasa digunakan di sinetron atau film)pun jelas tidak akan sejernih menggunakan clip on mic noise nya ketika berada dipinggir jalan raya.

Untuk hal kerapihan menyembunyikan kebohongan mungkin memang Amrik jagonya. Acara reality show THE APPRENTICE (Donald Trumph) banyak sekali settingan yang didirect oleh sutradara tapi sangat tidak terlihat pengarahan itu. Penonton malah menyangka semua itu real semuanya. Meskipun memang ada benarnya juga yaitu sebuah kompetisi memperebutkan posisi anak buah Donald Trumph.

Reality show yang mungkin juga terlihat bener real di INDONESIA, adalah acara TOLONG yang dulu ditayangkan di SCTV (sekarang di RCTI dengan nama 'Minta Tolong'). Disitu terlihat jelas orang-orang yang dikerjain suaranya tidak jelas, hanya sayup-sayup. Bahkan karena tidak jelas karena noise suara kendaraan berisik banget sehingga ditambahin teks yg menjelaskan isi dialog mereka. Ini baru benar-benar, sebab yang make mic adalah orang dari kru aja yg diminta mengetes si target, bukannya targetnya. Makanya targetnya tidak jelas terdengar suaranya sebab hanya mengandalkan dari mic yang nanya. Sama seperti di acara KENA DEH,...si Panji yang nanya suaranya lebih jelas dan besar, sementara suara yg ditanya kecil sekali.

Coba kita bayangkan reality show buatan raja reality show helmy yahya ternyata lebih mementingkan orisinalitas kejadian, sekalipun harus berkorban dgn suara yg hancur dan gambar yg goyang daripada harus membuat gambar yg bagus serta suara yg sempurna dan jernih tetapi dibuat-buat melalui pengadeganan seperti sinetron

LALU MENGAPA REALITY SHOW TERMEHEK MEHEK yang ternyata juga buatan Helmy Yahya sekarang dibuat dengan FAKE ?jawabannya bisa anda baca di ini : Beberapa reality show Indonesia yang telah dihentikan karena memakan korban, semenjak itulah bukan hanya bung Helmy yg memilih jalur aman dalam menbuat reality show tetapi mungkin semua PH.

Apakah PLAYBOY KABEL itu beneran atau fake ? Berdasarkan salah satu krunya yang kebetulan kru itu adalah salah seorang yang ditugaskan mencari talent-talent yang bakal digunakan untuk memainkan peran buatan di acara itu.

Ketika itu apakah acara playboy kabel itu didramatisir, dibuat buat, atau disetting ? Jawaban kru itu adalah (sedikit bijak atau mungkin agak menutupi): sebenarnya pada awalnya memang bener2 bahkan mereka juga selalu berusaha nyari klien yg beneran. namun kebanyakan seluruh aksi2 beneran itu sering gagal. Gagalnya itu misalnya gara-gara si target sudah tahu dibuntuti, atau si target tidak mau digiring ditempat penjebakan dll.
yg pasti kendalanya sulit banget jika ingin menjebak secara real dan dgn pemain2 yg real. sering sekali mereka mengalami kegagalan. lagipula bisa jadi sitarget ngamuk dan minta jgn ditayangin
akhirnya di antisipasilah keadaan ini.
tim produksi lalu selalu menyiapkan para pemain cadangan alias aktor2 dan skenario untuk bertindak ketika skenario yg asli gagal. sebab jika syuting gk jadi hanya gara2 gagal mengikuti skenario yg real kan berabe. sudah bayar kru, akomodasi, makan,bayar host dll rugi kan ?

lalu lagi :
seberapa besar perbandingan antara yang beneran itu dengan yang disetting ?
jawabannya :
yang pasti banyakan yg didramatisir atau disetting lah..
soalnya mendingan ngerjain yg pasti2 aja lebih cepet apalagi kita tiap minggu harus tayang gini.
kalo ngandalin dari klien asli bisa satu bulan belum tentu dapet satu episode. tingkat kesulitan dan kegagalannya terlalu tinggi dan berisiko.buktinya banyak lho yg gagal tayang akhirnya krn berantakan gara2 targetnya asli.
lagipula gak ada bedanya kan antara yang bohong dan real itu ?
kita bikin bener2 real dgn susah payah pun belum tentu semua orang bilang itu real...sementara kalo kita bikin bohongan banyak juga kog yg bilang itu real. mendingan kita bikin aja yg bohongan kalo gitu

nah silahkan di simpulkan sendiri dari obrolan ini.

INFO TERBARU !!!!!! MASIH HANGAT !!!

Reality show di trans TV yang judulnya "orang ketiga" ada satu adegan si klien membuntuti target dan mengajaknya ngobrol di sebuah kafe dgn menggunakan pen cam alias kamera pulpen. Tapi anehnya setelah diperhatiin baik-baik ternyata kualitan gambarnya SAMA SEKALI TIDAK SEPERTI KUALITAS GAMBAR YG DIHASILKAN OLEH PEN CAM

Sedikit tahu saja, kamera pulpen yg dimaksud itu seperti ini :

dan kami sudah sering menggunakannya tetapi gambarnya tidak sejernih seperti ditayangan itu ! Sebenarnya kamera pulpen itu hasilnya kayak gambar kamera HP mp4. Kalo ada gerakan gambarnya agak kasar (mirip file 3gp an) dan kalo cahayanya kurang juga tidak bagus hasilnya. Ukuran resolusinya juga bukan standart broadcast yaitu jauh dibawah 720 x576. Jelas saja seandainya hasil kamera itu beneran yg dipasang maka gambarnya akan pecah. Seperti contohnya kalo kita nonton 3gp kalo digedein selayar komputer kan pasti pecah.

Ini contoh hasil rekaman dari kamera pulpen itu aslinya kayak gini perhatikan kalo move gambarnya agak kasar
http://s283.photobucket.com/albums/kk309/walawamba/?action=view&current=VIDEO_REC_000031.flv
coba aja download video itu dan gedein selayar komputer kamu maka akan terasa bedanya

Jadi jelas, gambar itu direkayasa seakan-akan dibilang dari pen kamera padahal itu dari kamera kualitas DV yg digunakan oleh kameramen diacara itu. Pantesan saja aktingnya kaku banget kayak dibuat-buat (seperti ada kameramen didepannya) padahal ceritanya sedang diintip dgn pen cam.

duuuh kalo mau nipu kog gak dipikirin sih hal2 yg seperti ini....? kan jadi ketahuan tuh,,,...
harusnya gambarnya dikurangin dong kualitasnya supaya org percaya

ada lagi yg adegan mereka ngikutin target pake mobil..semua rata2 adegan yg diambil dalam mobil pake lampu(lighting) buat syuting, jelas banget ! ini kan konyol ! jika kita menyalakan lampu dalam mobil sambil mengikuti sebuah mobil lain ya pastilah akan terlihat muka kita dan terlihat juga dari luar kaca mobil bahawa dalam mobil itu sedang ada syuting krn lampu yg digunakan adalah lambu dedo light yg biasa digunakan buat syuting.

sedikit mengutip sebuah postingan di forum TRANS TV mengenai acara termehek2 dari seorang penonton yg cukup jeli dan cerdas.
Ternyata para Transmania yg bergabung diforum Tv itu pun sudah tahu kalo itu bohong....

"Saya semakin yakin bahwa termehek-mehek itu hanya skenario/script semata. Buktinya orang yang menjadi ajudan si kakek dari wanita/ibu yang mencari anaknya(saya lupa namanya) edisi Minggu 12 Okteber 2008 adalah orang yang sama dengan orang yang berperana sebagai Ponco pada reka adegan KPK(kumpulan perkara korupsi) Edisi peyogokan hakim agung kasus Probosutejo. Saya ingat betul wajah si Bapak yang memerankan tokoh Ponco di acara KPK dan saya sangat kaget ketika melihat wajah yang sama muncul sebagai ajudan si kakek di edis termehek-mehek minggu 12 Oktober 2008. Apakah ini suatu kebetulan???? Rasanya gak mungkin ya? Tim termehek-mehek kali ini tidak jeli.
Harusnya transtv tidak mengelabui permirsa dengan menyebut acara ini sebagai reality show."


dan akibat banyaknya pengaduan2 semacam ini dari masyarakat maka Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) kini sedang menyelidiki acara termehek mehek ini
sebab Lembaga Studi Media mengancam akan membawanya ke jalur hukum jika KPI tidak bertindak !

KPI Didesak Panggil Produsen Reality Show

Kapanlagi.com - Lembaga Studi Media mendesak Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Pusat untuk segera memanggil tokoh yang memproduksi acara reality show yang sekarang ini menjamur di setiap stasiun televisi swasta di Indonesia.

"Karena banyak acara yang berlabel reality show, sesungguhnya merupakan rekayasa. Cerita dibuat-buat, penuh rekayasa dan sekedar mengejar rating," ujar Andry Triyanto, Ketua Litbang dan Investigasi Lembaga Studi Media Ampera, di Jakarta, Minggu (16/11).

"Perlu dibuat kode etik, kalau memang acara itu ada unsur rekayasa, perlu kiranya ditulis di pinggir, di akhir acara, atau tagline, seperti halnya media cetak bahwa ini adalah rekonstruksi. Jangan membohongi penonton, seolah adegan tadi adalah benar, bukan setting," jelasnya.

Lembaga Studi Media (LSM) yang berpusat di Jakarta Selatan ini mengamati banyaknya acara reality show tak mengindahkan kode etik dan kejujuran.

Acara yang katanya membeberkan masalah pribadi, dibuat sedemikian rupa sehingga masyarakat merasa itu adegan nyata. "Tanpa ada penjelasan, bahwa acara itu memang direkayasa atau di-setting ulang. Tanpa penjelasan teks," ujarnya.

Akhirnya, Andry memberi misal, banyak orang mengira tayangan reality show itu, adalah kejadian benar. Karena dalam tayangan, digambarkan bagaimana seolah awak TV dan pembawa acara ikut panik dan sebagainya. "Padahal, itu hanya bagian dari akting," ujarnya.

Acara reality show, merupakan acara yang lepas dari pengawasan, bukan tunduk pada aturan penyiaran dan kode etik Standar Program Siaran (SPS).

Acara TERMEHEK-MEHEK, CINTA PATUT DIUJI, dan PLAYBOY KABEL, dan lain-lain yang menjamur, menurut Lembaga Studi Media adalah acara reality show rekayasa.

"Tapi masyarakat melihat adegan konflik, dan negatif yang diintip, kemudian dijadikan tontonan itu bukan seperti sinetron. Masyarakat melihatnya sebagai adegan reality show, sebuah tayangan yang benar terjadi, tanpa unsur rekayasa," ujarnya.

"Mereka menganggap kru dan presenter seakan wartawan yang mengungkap kejahatan," jelasnya.

Jika Komisi Penyiaran Indonesia tidak bergerak memanggil pengelola dan dalam waktu dekat ini Lembaga Studi Media Ampera akan membawa masalah ini ke ranah hukum.

Dalam riset dan survei yang dilakukan Lembaga Studi Media, masyarakat mengaku muak dengan acara reality show yang isinya ribut melulu, membeberkan rahasia kehidupan orang lain ke televisi.

Lembaga Studi Media Ampera, menilai acara reality show sudah membohongi publik, karena seolah-olah itu acara jurnalistik investigasi, yang bisa menemukan orang hilang, atau membeberkan rahasia kehidupan semacam gaya kerja wartawan. (kpl/boo)


Beberapa REALITY SHOW TV di Indonesia yang telah dihentikan krn memakan korban

Info ini sekaligus membuktikan bahwa betapa sulitnya membuat reality show secara beneran !
penuh dgn resiko, merugikan orang lain, rawan tuntutan hukum dll.

itulah makanya sejak adanya kasus2 semacam ini, para produser maupun stasiun TV memilih jalur aman dengan membuat reality show fake menggunakan pengadeganan dan skenario.

acara2 yang telah dihentikan gara2 memakan korban tersebut adalah :

1. ACARA MOP (Mbikin Orang Panik) yg dulu ditayangkan RCTI

Acara ini tujuannya ngerjain orang seperti halnya membuat april mop gitu. cuman suatu ketika mereka kebablasan ngerjain orang. sebuah episdoe MOP mengerjain seseorang dgn melibatkan polisi sebagi tukang ngerjainnya.
ceritanya, korban yg dikerjain itu tiba2 ke gep ama polisi dan ketahuan bawa narkoba. ternyata tim MOP udah kerjasama dgn pihak polisi dan sengaja naruh barang bukti disitu. terang aja si korban yg dikerjain ketakutan setengah mampus !

Akibat penanyangan acara ini Kepala Kepolisisan marah besar dan memecat 3 orang polisi yg terlibat dalam acara itu.
bahkan diperintahkan sejak saat itu tidak boleh ada satupun lagi polisi yg terlibat dalam pembuatan acara2 semacam itu di TV kalau tidak sangsinya akan dipecat.

itulah makanya semenjak itu, mana ada lagi polisis yg ikut dilibatin dalam acara reality show manapun. kalopun disinetron atau film ada adegan polisi, rata2 itu hanya pake baju polisi saja yg dimainkan oleh aktor. polisi yg asli benar2 dilarang main film atau sinetron sejak kasus ini.

berita beritanya nya disini :

Setelah Memakan Korban Reality Show MOP Dihentikan
Kapanlagi.com - Gara-gara acara reality show berjudul MOP (Mbikin Orang Panik) yang dianggap mencemarkan nama baik kepolisian, maka RCTI mengambil keputusan untuk menghentikan semua tayangan berbau reality show mulai minggu depan.

Hal ini ditegaskan oleh Arif Suditomo, penanggung jawab program RCTI. "Pada dasarnya RCTI akan menghentikan tayangan reality show yang ditayangkan dari Senin sampai Jumat sore. Mulai dari Kopaja, MOP. Karena kita punya strategi lain dengan menayangkan sinetron dengan durasi 30 menit," kata Arif, mantan pembawa berita Liputan 6 di SCTV ini.


---

Tayangan Membuat Orang Panik Dihentikan

Jakarta -- Rajawali Citra Televisi Indonesia (RCTI) menghentikan tayangan Membuat Orang Panik (MOP) yang muncul ke hadapan pemirsa setiap Rabu. Masalahnya, karena tayangan inilah Kepala Polda Metro Jaya Inspektur Jenderal Makbul Padmanegara menindak bawahannya. Bahkan kemarin Polda Metro Jaya telah mengadili polisi yang ikut membantu pembuatan MOP.

Kepastian penghentian tayangan MOP ini disampaikan Programne Planning dan Scheduling Manager RCTI Arif Suditomo, yang kemarin ikut memberi kesaksian di persidangan etik profesi di Polda Metro Jaya. "Kami menghentikan program reality show MOP dan empat program reality show yang lain," kata Arif.

Selain itu, Arif juga mengaku pihak RCTI telah menyampaikan permintaan maaf kepada Kepala Polda Metro Jaya berkaitan dengan tayangan MOP yang dianggap mencemarkan nama baik institusi Polri.

Sementara itu, dari Polda Metro Jaya, aparat yang terlibat di dalam penayangan MOP langsung diadilu kemarin di ruang Rumpatama Polda Metro Jaya. Dalam persidangan ini tiga orang perwira polisi diperiksa, yaitu Kepala Polsek Kebon Jeruk Komisaris Polisi Ahmad Alwi, Wakil Kepala Polsek Kebon Jeruk Ajun Komisaris Polisi Hermino, dan Kepala Unit Patroli Polsek Kebon Jeruk Inspektur Satu Sunarjo.

Mereka dianggap melanggar kode etik profesi Polri dan mencemarkan nama baik institusi Polri. Selain para terperiksa, juga diperiksa tujuh orang saksi dari Polsek Kebon Jeruk yang ikut terlibat langsung dalam pembuatan tayangan MOP, saksi dari RCTI, Arif Suditomo, saksi dari production house Avicom Sarah, Bambang, dan mahasiswa Indonesia Esa Unggul, Piko, yang menjadi target dikerjai dalam acara MOP yang ditayangkan 26 April lalu.


2. ACARA PARANOID yg dulu ditayangkan di Trans TV

Mungkin gara2 kasus ini lah makanya kini pihak trans TV lebih safety membuat acara Jail yg juga ngerjain orang dengan cara Fake spt yg pernah dibeberkan faktanya disini.

kasusnya terjadi ketika tim Paranoid sedang syuting acra nakut2 in orang dgn hantu bohongan itu dihalaman Rumah sakit Pondok Indah.
saat itu sepasang suami istri yang lagi hamil 8 bulan hendak menuju kemobilnya tiba2 dikejutkan dgn org2 yg berlari ketakutan melihat hantu paranoid, sehingga si ibu ikutan panik lari dan jatuh.
anehnya pihak trans Tv malah nyalahi pihak Rumah sakit Pondok Indah yg dianggap tidak safety sehingga menyebabkan sang ibu terantuk batu diparkiran tsb. padahal jelas jelas kan ibu itu lari krn ketakutan.
sejak itulah acra itu juga dihentikan meskipun pada waktu itu ratingnya lagi tinggi tingginya.

berita beritanya nya disini :

Korban Paranoid Gugat Trans TV

Selasa, 12 Oktober 2004 | 14:35 WIB

TEMPO Interaktif, Jakartaiana Damey Pakpahan, korban dari sebuah acara reality show Paraniod di Trans TV, menggugat Trans TV di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Sidang pertama digelar hari ini, Selasa (12/10) dengan majelis hakim yang dipimpin Syariffuddin.

Diana pada 18 Agustus 2004 malam bersama suaminya memeriksakan kandungannya yang telah berusia delapan bulan ke Rumah Sakit Pondok Indah. Ketika mereka hendak pulang dari rumah sakit menuju tempat parkir mobil, Diana melihat orang berpakaian putih-putih dengan wajah menyeramkan.

Saat itu di dekat lokasi parkir mobil, Diana tengah ada syuting Paranoid. Dua orang wanita yang menjadi korban Paranoid berlari ketakutan ke arah Diana. Spontan Diana panik dan ikut berlari hingga ia jatuh dalam posisi tertelungkup.

Menurut pengakuan suami Diana, Iwan Tampubolon, pihak Trans TV berkali-kali telah dihubungi lewat telepon untuk dimintai pertanggungjawaban. "Namun tidak ditanggapi, setelah saya mengancam akan menempuh jalur hukum, baru mereka datang," kata Iwan.

Dalam gugatan ini, Diana memberikan kuasa hukum kepada para pengacaranya yang diketuai Kesanta Tarigan. Gugatan sendiri diajukan kepada tiga pihak, yaitu Direksi Trans TV dan produser acara Paranoid, Bugi sebagai tergugat I dan II, serta direksi Rumah Sakit Pondok Indah sebagai turut tergugat.

Jumlah kerugian yang dituntut kepada tergugat sebesar Rp 40,25 miliar, dengan perincian Rp 250 juta untuk kerugian materil dan Rp 40 miliar untuk kerugian inmateril. Pihak tergugat dianggap melakukan perbuatan melawan hukum dan diancam pasal 1365 BW.

Kesanta menjelaskan maksud dari gugatan ini hanya sebagai upaya memberikan pembelajaran hukum. "Kalau tidak dikhawatirkan banyak korban lain seperti Diana," katanya.

Kondisi Diana sendiri menurut Kesanta, masih sangat trauma. Ia sekarang menjadi orang yang sangat penakut. "Kami pun bermaksud akan memeriksakan Diana ke spikiater," tambahnya.

Sementara itu pengacara Trans TV Ellen Sinambela menyatakan, Trans TV siap menanggapi gugatan penggugat. Namun ia mengharapkan agar upaya damai dapat ditempuh untuk menyelesaikan perkara ini.

Sidang hanya berlangsung kurang dari 10 menit. Majelis menunda sidang hingga pekan depan dikarenakan pihak Rumah Sakit Pondok Indah yang menjadi turut tergugat tidak hadir.

Khairunnisa - Tempo


satu lagi adalah acara H2C (harap2 cemas) yg kerjaannya seperti detektif ngikutin orang2 gitu lalu dijebak sama selingkuhannya dll. juga dihentikan karena ada seseorang yg tidak terima dan menuntut bahkan sempat mengancam hostnya dgn pistol. beritanya katanya udah keluar rame di infotainment dulu.
mungkin ini kasus terakhir yg bener2 bikin TOBAT para pembuat reality show

lalu mengapa acara2 seperti playboy kabel yg mengintip2 orang, termehek mehek yang membuka aib orang, mata mata yg ngambil gambar org tanpa ijin, dll masih tetap berjalan tanpa ada masalah lagi ?
kog gak ada yg dirugikan dalam acara itu yg menuntut lagi ?

jawabannya adalah sebab kini para pembuat acara itu menggunakan cara scripted dan pengadeganan alias FAKE yg tentunya lebih aman..semua tidak lagi menggunakan cara beneran namun hanya menggunakan aktor yg bermain saja.
makanya bebas dari segala tuntutan dan tdk akan menimbulkan korban lagi.


Sumber:
- super sumanto @ http://kaskus.us
- kapanlagi.com
- TEMPOinteraktif