THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES

Sabtu, 25 Desember 2010

Lativi Ganti Nama Jadi TV ONE

Lativi Ganti Nama Jadi TV ONE?

Diarsipkan di bawah: Komunikasi — inmarcomm @ 4:05 pm
Mulai 14 Februari 2008, terlihat iklan sebuah stasiun TV baru, namanya TV ONE. terpikir ada izin TV baru yang baru saja dikeluarkan, tetapi setelah melihat wajah-wajah tidak asing, diantaranya Karni Ilyas. Setelah saya tanya sana-sini, oh ternyata itu adalah nama baru bagi Lativi.
Lativi memang sudah berpindah tangan. Pemiliknya bukan lagi mantan Menaker era Soeharto, Abdul Latief yang juga pemilik Pasaraya Sarinah. Entah benar atau tidak, menurut kabar, pemilik sekarang adalah Star TV dan Grup Bakrie yang juga mengoperasikan ANTV..
Apakah TV ONE dan ANTV menjadi bersaudara, seperti halnya RCTI, TPI dan Global TV?. Sama juga seperti halnya Trans TV dengan TV7. Apakah juga jadi menyusul antara Indosiar dengan SCTV? Kita tunggu saja, yang jelas mereka semua berlomba menjadi yang terbaik. Uang ratusan milyaran rupiah harus kembali
termasuk keuntungan yang mereka proyeksikan.Semoga yang untung adalah masyarakat. Semoga saja.
Orang-Orang Muda Pengelola Bisnis Pertelevisian di Tanah Air (1)
Kongsi Trio yang Berobsesi Tampil Unik Erick Thohir yang dikenal sebagai Presdir Mahaka Group terus memperkuat bisnis medianya. Pria kelahiran Jakarta itu tercatat sebagai salah satu di antara orang-orang muda dalam bisnis pertelevisian. Bagaimana sebenarnya kiprah orang-orang muda di industri ini?
PLENARY Hall di Jakarta Convention Center pada malam Valentine (14/2) itu terlihat ramai. Mobil-mobil memenuhi ruang parkir. Demikian pula, pengunjung, termasuk para menteri, artis, dan tokoh media, memadati balairung yang biasa digunakan pameran berskala internasional di kawasan Senayan itu. Malam itu adalah perhelatan peluncuran tvOne, nama stasiun televisi yang sebelumnya bernama Lativi di bawah naungan PT Lativi Media Karya. Tiga sosok tampak terlibat dalam obrolan akrab. Mereka adalah Fofo Sariaatmadja (SCTV), Erick Thohir (tvOne), dan Anindya N. Bakrie (antv).
Erick adalah nakhoda baru televisi yang dahulu dimiliki pengusaha sekaligus mantan Menaker Abdul Latief itu. Ditemui di kantornya, PT Lativi Media Karya di Jalan Rawa Terate II/2, Kawasan Industri Pulogadung, Erick mau blak-blak kepada Jawa Pos tentang bagaimana awal dirinya menerjuni bisnis pertelevisian tanah air.
Suatu hari, kata Erick, dirinya bertemu dengan Anindya N. Bakrie dan Presdir Recapital Rosan P. Roslani. Erick dan Anindya bukan orang baru di bisnis media. Lewat PT Abdi Bangsa Tbk, Erick adalah pemilik harian Republika. Demikian pula, Anindya dikenal sebagai keluarga pemilik antv. Ketiga orang itu kemudian sepakat berkongsi membeli PT Lativi untuk membangun tvOne.
“Jadi, awalnya kami membentuk konsorsium yang diwakili saya (Grup Mahaka), Pak Anin (Anindya N. Bakrie, Grup Bakrie), dan Pak Rosan (Presdir Recapital Rosan P. Roslani),” katanya.Dalam konsorsium itu, mereka berbagi tugas. Anin dan Rosan fokus ke masalah keuangan dan capital market. “Sedangkan saya lebih ke orang kerja aja. Orang yang day to day di industri medianya,” ujar Erick yang juga pemilik radio One.
Tidak sedikit kocek yang harus dirogoh untuk mengakuisisi saham PT Lativi Media Karya dari pemilik lama. Erick menyebutkan angka Rp 1,3 triliun untuk mengubah Lativi menjadi tvOne. “Angka itu termasuk membayar utang ke Bank Mandiri,” jelasnya.Erick mengakui, mereka bertiga bermimpi membentuk suatu perusahaan media bersama yang unik. “Tidak hanya unik, tapi juga harus berkembang. Unik doang kalau gak berkembang buat apa kan,” kata pria kelahiran 30 Mei 1970 yang juga president of Southeast Asian Basketball periode 2006-2010.Tidak takut ketatnya bisnis televisi?
Pemilik koran Republika itu menilai, banyak perbedaan antara dunia koran dan televisi. Meskipun, prinsip-prinsip jurnalisme keduanya tidak banyak berbeda. “Banyak bedanya. Contohnya, kalau koran terbit harian, di TV itu kan tiap detik dan menit. TV itu lebih kompleks daripada koran,” kata suami Elizabeth T. Thohir itu. Menurut dia, koran dan TV adalah masalah kreativitas sumber daya manusia. Namun, di televisi masalah broadcast lebih ke segi teknik. Hal yang lain, dalam bisnis TV memang lebih berdarah-darah dalam proses modal awal.
“Secara dana, pasti lebih besar TV dan secara operasional lebih kompleks TV,” kata Presdir PT Trinugraha Food Industri, perusahaan pemilik brand Hanamasa, Pronto, dan Ya Kun Kaya Toast, itu.Namun, lanjut Erick, beberapa aspek dalam jurnalisme koran bisa diimplementasikan ke TV. Misalnya, kecakapan menulis berita. “Di televisi itu tetap terpakai. Reporter TV harus bisa menulis. Itu juga sangat dibutuhkan,” katanya.
Alumnus MBA jurusan marketing dari National University California, Amerika, itu mengatakan bahwa kalau orang koran ke bisnis TV, banyak yang bisa digunakan sebagai nilai tambahnya. Meski demikian, bukan berarti Erick sama sekali tidak pernah punya pengalaman di bisnis pertelevisian. Selain Republika dan berbagai media cetak, dia mengelola Gen-FM Jakarta, 101 FM Jakarta, dan Jak TV.Keputusan berkongsi dengan Anindya N. Bakri yang sudah memiliki antv juga bukan tanpa pertimbangan. Erick tidak khawatir terjadi overlapping dengan antv.
“Berbeda konsepnya. Sebab, antv kan general entertainment. Di situ Pak Anin dengan Star TV. Sedangkan di sini (tvOne, Red) lebih fokus pada news dan sportstainment,” kata wakil presiden Hipmi periode 2005-2008 itu.Logo tvOne juga penuh nilai-nilai filosofi yang ingin diusung pemiliknya. Warna merah putih menggambarkan Indonesia, sedangkan bulatan menggambarkan persatuan. “Kata One sendiri digunakan untuk membangkitkan motivasi untuk menjadi nomor satu.
Jadi, secara individu maupun korporat harus menjadi nomor satu,” paparnya.Perubahan brand tvOne tidak hanya mengubah nama, tapi juga mengubah positioning yang sebelumnya memiliki SES (socio economic status) CDE (menengah bawah) menjadi ABC (menengah atas)”Kami akan meninggalkan seks, horor, dan darah-darah yang tidak perlu. Jadi, punya platform yang berbeda. Program-program juga harus berubah total,” lanjutnya.
Menurut dia, target untuk meraih share audience di atas 10 persen sangat mungkin tercapai. Sedangkan untuk rating, Erick mengakui bahwa angka 4-5 saja sudah cukup bagus. “Rating TV ini tidak akan tinggi karena bukan general entertainment TV. Ya, seperti TV menengah, kayak Global (Global TV)-lah. Tapi, image kami kan berbeda. Image kami akan lebih tinggi,” tambah ayah empat orang anak itu.
Karena dipunggawai orang-orang yang mengerti tentang pasar modal, pertengahan tahun ini PT Lativi Media Karya ditargetkan masuk pasar modal (IPO). Dana masyarakat itu akan digunakan untuk menambah modal kerja dan terus memperlebar penetrasinya.Industri televisi di Indonesia akan semakin berkembang pada masa-masa mendatang. Dalam jangka menengah panjang, menurut Erick, akan terjadi konsolidasi dari berbagai pelaku industri tersebut. Itu akan terjadi tidak hanya di industri televisi, tapi juga di Industri media secara menyeluruh.
“Pers yang survive adalah pers yang dikelola secara bisnis. Walaupun, tanpa meninggalkan nilai-nilai pers itu sendiri. Yaitu, mesti fair dan mendahulukan public opinion daripada owner opinion,” papar Erick.Mengapa bos-bos televisi saat ini dipimpin jajaran eksekutif puncak yang berusia relatif muda, Erick menilai bahwa hal itu merupakan tuntutan alami industri. “Media dengan segala perubahan zaman akan menjadi bisnis anak muda atau paling tidak yang berjiwa muda. Sebab, bisnis ini sangat berbasis inovasi dan kompleks.
Apa Makna “Beda” dari TV One?
Presiden SBY meresmikan beroperasinya sebuah stasiun televisi (lama tapi) baru, yaitu TV One (eks Lativi). Apa yang membuat Pak SBY berminat meresmikan TV One? Apakah karena permintaan salah satu Menko-nya, Abu Rizal Barkie? yang konon kabarnya salah satu pemilik saham TV One melalui Anin Bakrie?. Begitu juga wawancara langsung dengan Wapres JK pada malam harinya. Alhasil, tidak anehlah jika para petinggi negri ini muncul diperesmian TV One.
Tertarik dengan jargonnya, saya coba mengikuti susunan acaranya yang menurut Karni Ilyas, salah satu direkturnya, “berbeda”. Begitu juga menurut Dirutnya Eric Thohir. Kata “Memang Beda”, tentu saja ditujukan untuk menarik minat pemirsa seperti saya.
Tertarik dengan kata ‘beda’, karena berkonotasi akan munculnya sebuah karya kreatif atau inovatif, yang belum pernah dilakukan atau dilihat oleh orang lain. Untuk dunia program televisi, saya sudah banyak menemukan pola program TV yang masing-masing berbeda, seperti MTV untuk Musik, CNN untuk Berita, ESPN untuk Olah Raga, E! Channel untuk Info Selebritis, Travel & Living untuk Info Pariwisata, Asian Food Channel untuk acara masak memasak, Fashion TV untuk Info Mode, Model dan designer produk, Animal Planet untuk Info dunia binatang, Discovery Channel untuk feature fiksi dan Disney Playground untuk acara dunia anak. Stasiun televisi yang dapat dijumpai di tv kabel tersebut betul-betul beda secara nyata dalam susunan dan pola programnya. Apakah seperti itu yang dimaksud TV One?
Setelah diperhatikan sejak peluncurannya, di TV One tidak ada yang beda. antara TV One dengan TV yang lainnya (RCTI, SCTV, Indosiar, TransTV, MetroTV, dll). Selama TV One masih menyiarkan acara-acara seperti Berita, Olah Raga, Hiburan, Belanja, Believe It or Not atau beberapa acara lainnya seperti yang dipromosikan di layar kaca-nya, Itu akan tetap sama dengan TV lain. Yang beda cuma ‘chasing’-nya.
Untuk bisa disebut beda, program TV harus betul-betul beda dalam artinya yang nyata antara TV yang satu dengan yang lainnya, seperti contohnya TV lain yang diatas. Semoga TV One tidak mengaburkan makna “Berbeda” mulai dari awal peluncurannya.
Pergantian nama atau logo sekarang menjadi sebuah tren bagi beberapa unit bisnis.Seperti yang kita lihat dan kita kenal bahwa stasiun televisi antv sudah memulainya ,diikkuti oleh tv7 yang berganti nama tran7,atau diluar stasiun televisi ada bank mandiri yang baru saja mennganti logo mereka dan bahkan mengontrak seorang musisi bernama yovie widianto untuk menjadi salah satu seleb endorser mereka.
Sebuah stasiun televisi yang dipandang sebelah mata oleh sebagian orang pun berganti nama menjadi tv one.Dengan tagline mereka sejuta pilihan satu kepastian( kalau tidak salah) .Tapi akan dibawa kemanakah stasiun ini sebagai media di Indonesia.Kabarnya seorang karni ilyas yang merupakan direktur antv ikut menyumbang lahirnya tv one.Bukan sebuah rahasia lagi saat tv one masih bernama lativi mereka mengiklankan program antv dan begitu pula sebaliknya.secara proses manajemen mungkin ini lah langkah terbaik.Bagaimana dengan yang lainnya ?
Program olahraga seperti sepakbola menurut saya yang diubah.liga inggris di pertengahan tahun 2007 jadi pemberitaan hangat karena tidak ada satu pun stasiun tv di Indonesia yang menayangkany.Lativi atau tv one pun menyediakan layanan tersebut.Tapi ada banyak krtik jadinya tayangan yang disediakan pun haya tim dengan kelas medioker dan bukan tim besar.Acara pun sepertinya dipandu dengan masih kaku oleh pembawa acara.
Beberapa diantaranya kerap salah menyebutkan nama atau bahkan tidak tau apa yang akan dibicarakan.Bukti terakhir adalah pertandingan persahabatan antara persija vs hyundai ,sang pembawa acara malah asik membahas tim nasional dan bukannya pertandingan karena disisinya ada pelatih timnas saat ini.
Acara basket mungkin lebih baik nama-nama pembawa acra seperti tamara geraldine dan iwa K sudah sangat menunjukkan kualitasnya.Isinya pun juga berbobot baik itu untuk pertandingannya atau pun bahkan komentatornya.
Beralih ke program lain seperti acara berita ,mereka mencoba melakukan dengan gaya baru pembaca berita diarahkan untuk membacakan beritanya dengan tidak terlalu kaku .Selain itu ada laporan dari berbagai macam koresponden seperti di makasar ,surabaya dan juga medan.Acara lainnya tentu saja tak lepas dari hiburan bisa saja sinetron,film,atau oun acara gosip.Untuk film jangan sampai tv one memutar film yang sama dalam satu hari atau bahkan bisa beberapa film yang sama dalam satu minggu meskipun berbeda hari.
Bagaimana perannya dengan pendidikan ?film-film dokumenter yang sering diputar mungkin bisa menjadi ilmu pengetahuan yang penting buat kita.Perannya untuk membangun bagsa ini dari segala sisi bagaimana?bagai para peminat televisi tentunya sudah pernah melihat acara kerah putih yaitu acara yang mencoba untuk membongkar kasus korupsi.tapi sampai dimanakah semuanya itu?
Mungkin dalam waktu dekat ini kita tidak bisa tahu seberapa berhasilkah ukuran sukses pergantian nama televisi ini .Semoga tv one mampu memberikan yang terbaik untuk para pecinta televisi di Indonesia.
Sumber : http://inmarcs.wordpress.com/2008/08/25/lativi-ganti-nama-jadi-tv-one/

Jumat, 24 Desember 2010

5 Komedian Termahal Indonesia

5 Komedian Termahal Indonesia, Layakkah Mereka?

Dunia hiburan (entertainment) rasanya tidak bisa dilepaskan dari profesi yang satu ini. Anda boleh menyebutnya sebagai pelawak. Namun di sini saya lebih senang menyebutnya sebagai komedian. Makna komedian lebih luas menurut saya. Seorang komedian lebih multy-talented dan lebih serba bisa dibandingkan dengan seorang pelawak.

Lalu, siapa sajakah yang layak digolongkan sebagai komedian (sejati) ? Anda boleh menyebutkan beberapa nama yang anda anggap memenuhi kriteria sebagai seorang entertainer sejati. Di sini saya punya 5 nama. Sebagian besar dari mereka mengawali karir sebagai pelawak (spesialis pentas). Sisanya (1 orang) ternyata tidak punya basic sebagai pelawak, namun akhirnya menjelma menjadi seorang komedian yang sangat populer saat ini.

Siapa sajakah kelima komedian tersebut? Sebelum saya sebutkan, saya ingin memberi kabar, bahwa kelimanya saat ini tergolong sebagai 5 komedian termahal Indonesia ! Wow… tepuktangan Ini menurut versi acara On The Spot yang ditayangkan oleh Trans7 pada hari Rabu 11 Maret 2009 kemarin.

Kelimanya saat ini memang sedang laris-larisnya. Ada muka lama. Ada pula wajah baru yang sedang naik daun. Siapa sajakah mereka?

tukul arwana1. Tukul Arwana

Komedian yang satu ini memang luar biasa. Mempertahankan kualitas lelucon/banyolan dalam jangka waktu beberapa tahun sebagai presenter acara Empat Mata bukanlah sesuatu yang mudah untuk dilakukan. Namun Tukul ternyata mampu melakukannya. Salut! tepuktangan Sampai tulisan ini saya tulis, daya tarik Tukul sebagai komedian belum menunjukkan tanda-tanda untuk memudar. Lelucon Tukul Arwana ketika membawakan acara Empat Mata masih mampu mengocok perut para penonton (termasuk saya tentunya).

Hampir setiap kata dan bahasa tubuhnya mampu mengundang tawa Ya, Tukul adalah seorang entertainer sejati, sekaligus komedian sejati. Tak heran jika akhirnya tarif/honor sekali tampilnya bisa sampai puluhan juta rupiah.

Sebagai seorang komedian, Tukul tergolong sangat cepat merespon sesuatu dengan cara/banyolan yang cerdas dan pas. Kemampuan improvisasi lawakan dan komunikasinya bisa dibilang cukup brillian. Termasuk kemampuan blockingnya juga. Selain itu, ia juga punya kemampuan untuk menghargai lawan bicaranya dan memperlakukan mereka layaknya manusia yang butuh perhatian dan penghargaan.

komeng2. Komeng

Berawal dari pelawak spesialis pentas, Komeng kini menjelma menjadi seorang komedian sejati. Ia terbilang sangat laris (banyak job). Mungkin sudah puluhan acara televisi yang melibatkan ia sebagai salah satu pengisi acaranya. Anda mungkin sering menyaksikan Komeng tampil di tv ketika bulan ramadhan, tepatnya saat jam-jam sahur. Untuk saat ini, anda bisa saksikan banyolan khas Komeng di acara Gong Show yang ditayangkan oleh Trans TV.

Sebagai komedian, Komeng tergolong punya ciri khas yang sangat kuat. Apa itu? Tak lain tak bukan adalah celotehan spontannya. Ada juga yang bilang celetukan Ya, celotehan/celetukan Komeng hampir bisa dipastikan akan mengundang gelak tawa. Oya, ada satu lagi keunikan Komeng, yaitu suara sengaunya yang khas ketika berceloteh atau nyeletuk.

Kelebihan lain dari Komeng yaitu terletak pada kemampuan blocking dan improvisasinya yang luar biasa ketika melucu. Dan itu sudah ditunjukkan/dibuktikan olehnya ketika tampil sebagai salah satu peserta dalam acara uji akting tanpa naskah/skenario yang berjudul “Akhirnya Datang Juga” (ditayangkan oleh Trans TV).

Jika akhirnya Komeng masuk deretan kedua Komedian Termahal Indonesia, saya rasa memang sangat layak.

eko patrio3. Eko Patrio

Beberapa tahun yang lalu ia mungkin cuma dikenal sebagai salah satu anggota grup lawak yang bernama Patrio. Namun secara perlahan, Eko mulai menunjukkan talentanya yang luar biasa sebagai seorang presenter. Tentunya bukan sekedar presenter biasa yang identik dengan formalitas. Eko mampu membuat acara apa pun yang dibawakannya menjadi lebih segar dengan banyolan-banyolan khasnya.

Sudah tak terhitung acara tv yang pernah dipandu oleh Eko saking larisnya ia. Berkali-kali pula ia masuk nominasi sebagai prsenter terfavorit dalam berbagai ajang penghargaan. Puncak popularitasnya mungkin terjadi saat ia (bersama Ruben Onsu) membawakan acara Supermama di Indosiar.

Lalu, apa sih nilai jual atau kelebihan Eko Patrio?
Menurut saya sih terletak pada keluwesannya dalam berinteraksi dengan para audiens dan lawan bicaranya ketika tampil sebagai pembawa acara maupun sebagai pelawak. Selain itu, Eko juga punya gaya banyolan yang sangat khas. Kemampuan improvisasi dan blockingnya juga bagus, sehingga tak pernah/jarang sekali kehabisan ide untuk membuat lelucon segar.

Dari kelebihan-kelebihan tersebut, cukup layak kiranya jika Eko memasang tarif tinggi untuk setiap penampilannya, sehingga masuk jajaran komedian termahal Indonesia urutan ketiga.

parto4. Parto

Jujur saja, sebenarnya gaya banyolan Parto tidak terlalu istimewa bagi saya. Walau demikian, Parto tetap punya ciri khas sebagai seorang pelawak maupun komedian. Fakta memuktikan ia cukup laris. Namun entah mengapa, banyolan-banyolan Parto seringkali terasa garing dan hambar bagi saya. Ia masih terlalu mengandalkan gaya banyolan lamanya. Spontanitas dan kemampuan blockingnya juga masih kurang. Kalaupun akhirnya ia masuk deretan komedian termahal Indonesia, saya kira Parto harus lebih kreatif dan berupaya keras menemukan ciri khas yang pas buatnya.

olga syahputra5. Olga Syahputra

Ini dia komedian yang sedang naik daun saat ini. Tahun 2009 seakan menjadi tahun puncak popularitas lelaki yang rada kemayu ini. Kiprahnya di dunia entertain mungkin masih terbilang baru. Namun dengan keunikan yang dimilikinya, Olga mampu mencuri hati para produser acara tv dari berbagai stasiun tv untuk menggunakan jasanya (melibatkan ia) sebagai salah satu pengisi acara. Dan bahkan sebagai pemandu acara (seperti pada acara komedi sahur bersama Komeng dan Adul, Ceriwis, Akhirnya Datang Juga, dan yang paling hot saat ini yaitu Dahsyat). Mungkin sudah tak terhitung jumlah acara tv yang pernah diikuti oleh Olga (saking larisnya ia).

Jujur saja, setahun yang lalu saya lihat Olga masih belum menemukan gaya banyolan dan ciri khasnya. Waktu itu Olga masih rada kaku dan suka kebingungan (kehabisan kata-kata atau ide lelucon) saat tampil mengisi acara di tv. Namun seiring bertambahnya jam terbang dan pengalaman, Olga terlihat makin luwes dan makin mahir membanyol.

Puncaknya adalah saat ini. Olga terlihat makin profesional dan layak dikategorikan sebagai salah satu komedian paling bersinar di tahun 2009 (termasuk di tahun 2008 kemarin). Ia sudah menemukan karakter yang sesuai dengan dirinya. Bahasa gampangnya, udah jadi gitu deh…hehehe. Banyolan-banyolannya pun makin segar dan hampir bisa dipastikan bakalan mengundang gelak tawa.

***

Oya, sebenarnya maih ada satu lagi komedian yang bisa dibilang sedang naik daun juga saat ini. Siapa dia? Dia adalah SULE. Saya rasa Sule layak masuk jajaran komedian sejati (walaupun tarifnya mungkin belum sebesar lima komedian di atas).

Nah, bagaimana menurut anda sendiri? Layakkah mereka di atas masuk jajaran komedian termahal Indonesia saat ini?

(foto-foto diambil dari situs/blog pangeran229.wordpress.com, rileks.com, krosceknews.com, agungbudi.com, dan rmblitz.com)

Mengapa Motor Yamaha Tidak Pakai Cakram Belakang

Mengapa Motor Yamaha Tidak Pakai Cakram Belakang Agustus 15, 2010

Posted by Maskur in MOTOR.
Tags: , , ,
trackback
 
i
 
Rate This
Quantcast

Lagi hangat-hangatnya peluncuran Honda New Mega Pro, yang selanjutnya di banding-bandingkan dengan Yamaha Byson yang launching setelah Iedul Fitri.

Salah satu poin penting yang menjadi kekurangan Yamaha Byson adalah tidak adanya rem cakram belakang alias rear disk brake.
Kalo disebut secara fungsi rem tromol sudah cukup mumpuni. Saya 135 % percaya.
Namun kebiasaan orang Indonesia menginginkan sesuatu dari tampilan atau gengsi terlebih dulu. Sebagai contoh trend Blackberry. Coba amati, banyak yang menggunakan BB hanya untuk internetan. Atau merasa eksis dengan BB Messenger.
Kembali ke topik !
Mengapa ya motor-motor Yamaha asli Indonesia tidak ada yang menerapkan fitur rem cakram belakang. Sejak dulu hingga sekarang.
Dari jaman Yamaha V75, V80, Super Deluxe, Excellent, Alfa, Champ, Force 1, F1Z, F1ZR, Crypton, Vega, Jupiter, Jupiter Z, Vega R, Jupiter MX, VegaZR, Jupiter Z 115…semua pake rem belakang tromol.
Atau Yamaha L2, RS 100, RX 100, RX S, RX K, RX Special, RX King, RX X, RZR sampai Vixion juga rem belakang drum.
Namun kontradiktif sekali, fitur rem cakram belakang justru dipasang di motor CBU Yamaha. Sebut saja : Tiara, 125Z, Touch, TZM sampai dengan X1R dan R15 semua menerapkan rear disk brake.

Jawabannya kita dapat dari Paulus Sugih Firmanto, GM Promotion and Motorsport YMKI di artikel ini atau kalo berat mbukanya artikel itu saja. Saya kutip saja:
“Kalau dipaksa pakai disk brake belakang harganya bisa bertambah Rp 700 ribu sampai 1 jutaan,” prediksi Paulus.
Nah ketahuan kan sebabnya.
Harga satu set rem cakram memang segitu. Tapi kok merk lain berani pasang rem cakram dengan harga motor yang masih manusiawi, misal Honda Supra X 125, New Mega Pro, Kawasaki Athlete dan Suzuki Shogun SP.
Sekarang kita tebak-tebak saja kenapa kok bisa begitu:
  1. YMKI tidak mau rugi kalo memberi diskon terlalu besar.
  2. YMKI ingin mencari untung lain dengan menjual part aftermarket.
  3. Atau karena material rem cakram yang digunakan Yamaha berkualitas tinggi sehingga harganya lebih mahal. Walapun merk lain menggunakan merk Nissin sedangkan Yamaha tidak menggunakan merk terkenal, namun jangan-jangan mutunya melebihi Nissin.
Kira-kira jawabannya yang mana?
Atau ada alasan lain (ingat pertanyaannya adalah kenapa kalo pasang cakram belakang harganya bisa melonjak segitu)
Sumber : maskurmambangblog.wordpress.com/

Pasang cakram Belakang Yamaha Vixion

Pasang cakram Belakang Yamaha Vixion

Yamaha vixion merupakan salah satu motor sport yang terbaik saat ini, komponen yang ada pada motor ini merupakan teknologi terkini dan tercanggih. Tidak mengherankan jika pemilik motor ini sudah merasa nyaman dengan kondisi standarnya.
Tapi bagi yang menginginkan tampilan lebih dengan motor injeksi ini mereka bisa mengupgrade dengan melakukan modifikasi. Mungkin yang prlu mendapatkan sorotan pada motor ini adalah pada komponen sistem pengereman belakang. Disitu untuk piranti penghenti laju kendaraan masih menggunakan sistem rem tromol yang mempunyai kemampuan tidak seperti rem cakram.
Kita bisa mengganti rem tromol belakang dengan rem cakram sehingga kemampuan pengeremannya menjadi lebih pakem. Dari sisi tampilanpun, dengan aplikasi rem cakram untuk roda belakang tampilan menjadi lebih macho dan gagah.
Sebenarnya apa saja yang diperlukan jika kita ingin mengganti rem belakang motor vixion kita dengan model piringan? Yang jelas satu set cakram yang terdiri dari master rem, piringan cakram, pompa, tabung minyak rem dan selang rem. Selain yang diatas kita juga perlu menyiapkan breket cakram di pelek, breket kaliper, breket master rem, dan juga breket tabung minyak rem.
Breket tersebut berfungsi untuk meletakkan komponen rem tersebut sehingga bisa bekerja dengan baik. Breket tersebut merupakan hasil dari proses customized sehingga jika kita mencari breket tersebut di toko variasi kita akan kesulitan menemukannya.
Untuk itu sebelum memasang rem cakram belakang pada Vixion ada baiknya melakukan survey terlebih dahulu ke bengkel modifikasi yang ada. Pilihlah bengkel yang mempunyai perkakas perbengkelan yang lengkap, karena dalam proses pemasangan rem cakram belakang ini dibutuhkan proses yang memerlukan perkakas khusus karena tidak bisa tinggal plug and play. Disini dibutuhkan ketrampilan dari bengkel yang menangani pemasangan rem cakram vixion kita.
Alangkah lebih baik jika kita sudah kenal dengan mekanik yang memasang rem cakram belakang vixion kita. Karena dengan kita tahu dan kenal dengan mekaniknya maka kerja dari mekanikpun akan hati–hati sehingga hasilnyapun akan bisa lebih baik.

Selasa, 21 Desember 2010

Alasan Jogjakarta Daerah Istimewa

Alasan Jogjakarta Daerah Istimewa

Posted in Pengetahuan on Desember 22, 2010 by wong168
Yogyakarta pertama kali berstatus provinsi pada 5 September 1945, ketika Raja Ngayogyakarto Hadiningrat Sri Sultan Hamengku Buwono IX bersama Paku Alam VIII menyatakan bahwa Negeri Ngayogyakarto Hadiningrat adalah bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang diproklamirkan Soekarno Hatta pada 17 Agustus 1945.
Amanat Sri Sultan bersama Paku Alaman yang kemudian disebut Amanat 5 September tersebut merupakan bentuk dukungan Kerajaan Ngayogyakarto Hadiningrat terhadap NKRI.
Ketika Indonesia diproklamasikan sebagai suatu negara merdeka oleh Soekarno Hatta, sebenarnya Kerajaan Yogyakarta dan begitu juga kerajaan-kerajaan lain di wilayah bekas jajahan Belanda bisa saja melepaskan diri dari NKRI.
Namun ternyata Sri Sultan Hamengku Buwono IX dan Paku Alam VIII memberikan dukungan terhadap NKRI dan dalam amanat yang ditandatangani Sri Sultan bersama Paku Alam menyatakan “Bahwa Negeri Ngajogjakarta Hadiningrat jang bersifat keradjaan adalah daerah istimewa dari Negara Republik Indonesia.”
Isi lain dari amanat Sri Sultan tersebut adalah, “Bahwa kami sebagai Kepala Daerah memegang segala kekuasaan dalam Negeri Ngajogjakarta Hadiningrat, dan oleh karena itu berhubung dengan keadaan pada dewasa ini segala urusan pemerintahan dalam Negeri Ngajogjakarta Hadiningrat mulai saat ini berada di tangan kami dan kekuasaan-kekuasaan lainnja kami pegang seluruhnya.”
Berikutnya adalah, “Bahwa perhubungan antara Negeri Ngajogjakarta Hadiningrat dengan Pemerintah Pusat Negara Republik Indonesia, bersifat langsung dan Kami bertanggung djawab atas Negeri Kami langsung kepada Presiden Republik Indonesia. Kami memerintahkan supaja segenap penduduk dalam Negeri Ngajogjakarta Hadiningrat mengindahkan Amanat Kami ini.”
Begitu juga Paku Alam VIII dalam amanatnya menyatakan, “Bahwa Negeri Paku Alaman jang bersifat keradjaan adalah daerah istimewa dari Negara Republik Indonesia.” Berikutnya, “Bahwa kami sebagai Kepala Daerah memegang segala kekuasaan dalam Negeri Paku Alaman, dan oleh karena itu berhubung dengan keadaan pada dewasa ini segala urusan pemerintahan dalam Negeri Paku Alaman mulai saat ini berada ditangan Kami dan kekuasaan-kekuasaan lainnja Kami pegang seluruhnja.”
Amanat berikutnya adalah, “Bahwa perhubungan antara Negeri Paku Alaman dengan Pemerintah Pusat Negara Republik Indonesia, bersifat langsung dan Kami bertanggung djawab atas Negeri Kami langsung kepada Presiden Republik Indonesia. Kami memerintahkan supaja segenap penduduk dalam Negeri Paku Alaman mengindahkan Amanat Kami ini.”
Keistimewaan Yogyakarta ini pun disambut baik oleh para founding father Indonesia dengan dikeluarkannya payung hukum yang dikenal dengan nama piagam penetapan. Payung hukum ini sebenarnya sudah dikeluarkan oleh Soekarno yang duduk di BPUPKI dan PPKI pada 19 Agustus 1945.
Piagam penetapan ini kemudian diserahkan kepada Sri Sultan Hamengku Buwono IX dan Paku Alam VIII pada 6 September 1945. Isi piagam penetapan itu adalah, “Piagam Kedudukan Sri Paduka Ingkeng Sinuwun Kangjeng Sultan Hamengku Buwono IX, Kami, Presiden Republik Indonesia, menetapkan:
Ingkeng Sinuwun Kangjeng Sultan Hamengku Buwono, Senopati Ing Ngalogo, Abdurrahman Sayidin Panotogomo, Kalifatullah Ingkang Kaping IX Ing Ngayogyakarta Hadiningrat, pada kedudukannya,
Dengan kepercayaan bahwa Sri Paduka Kangjeng Sultan akan mencurahkan segala pikiran, tenaga, jiwa dan raga, untuk keselamatan Daerah Yogyakarta sebagai bagian daripada Republik Indonesia.
Jakarta, 19 Agustus 1945
Presiden Republik Indonesia
Ir. Sukarno”
Sejak itulah status daerah istimewa melekat pada Yogyakarta dan ditetapkan dalam Undang-Undang No 3 tahun 1950 Jo UU No 19 tahun 1950 mengenai Pembentukan Daerah Istimewa Jogjakarta.
Terlebih status istimewa mendapat payung hukum dari Undang-Undang Dasar 1945, yakni pasal 18A ayat 1 yang penegasannya adalah “bahwa negara mengakui dan menghormati satuan-satuan pemerintah daerah yang bersifat khusus dan istimewa yang diatur dalam undang-undang.”
Konsekuensi dari hal tersebut berarti pemimpin (gubernur dan wakil gubernur) Provinsi Yogyakarta adalah raja Ngayogyakarto Hadiningrat dengan wakilnya adalah raja dari Paku Alam, yang selama ini dijabat Sri Sultan Hamengku Buwono IX dan Paku Alam VIII dan kemudian dilanjutkan (baca diwariskan) kepada Sri Sultan Hamengku Buwono X dan Paku Alam IX.
Kondisi ini berlangsung damai sampai kemudian muncul Undang-Undang Nomor 32 tahun 2004 tentang Pemerintah Daerah. Dalam UU tersebut, diatur bahwa gubernur dan wakil gubernur suatu provinsi di NKRI dipilih dalam pemilihan kepala daerah (pilkada) dengan masa jabatan maksimal 10 tahun atau dua kali pilkada.
Daerah Istimewa Yogyakarta pun harus mengikuti aturan dalam undang-undang tersebut. Artinya Sri Sultan Hamengku Buwono X dan Paku Alam IX harus mengikuti pilkada jika ingin menjadi gubernu dan wakil gubernur lagi. Hingga kemudian pemerintah (pusat) mengajukan rancangan undang-undang (RUU) untuk Yogyakarta yang sampai saat ini belum tuntas. Padahal RUU tersebut diharapkan menjadi solusi bagi keistimewaan Yogyakarta.
Pada saat itulah Sri Sultan Hamengku Buwono X yang masa jabatan gubernurnya sudah diperpanjang dua kali menyatakan perlunya referendum yang dilakukan untuk Provinsi DI Yogyakarta. Referendum bagi rakyat Yogyakarta ini, apakah gubernur dan wakil gubernurnya nanti ditetapkan atau dipilih dalam pilkada. Walau pun banyak kalangan, lontaran Sri Sultan tersebut hanya untuk menyindir pemerintah (pusat) dan DPR agar menyelesaikan segera RUU.
Memang selama ini status istimewa Yogyakarta terkesan digantung oleh pemerintah dan DPR. Pemerintah di satu sisi menuding DPR lambat menyelesaikan pembahasan di sisi lain DPR menuding pemerintah menahan RUU tersebut di Kementerian Dalam Negeri. Apakah benar nantinya referendum yang menjadi solusinya, seperti dilontarkan Sri Sultan Hamengku Buwono X? Dan ini mengkhawatirkan karena di samping bisa menjadi preseden buruk bagi provinsi lain bisa juga menjadi awal disintegrasi bangsa dan bubarnya NKRI.

Seputar Binatang

Seputar Binatang

Dunia binatang sangat menarik untuk kita amati. Selain tingkah laku mereka, juga banyak hal yang perlu kita ketahui, bahkan bisa bikin kita terpana bila mengetahuinya. Coba perhatikan fakta-fakta berikut ini.

1. Kalau kita berbicara tentang hewan tercepat di muka Bumi, maka seringkali kita mengaitkannya dengan cheetah, spesies kucing besar yang hidup di dataran Afrika. Diduga kecepatan kucing ini berkisar pada angka 70 mph (114 km/jam). Namun, tahukah kamu bahwa hewan tercepat sebenarnya dipegang oleh seekor burung yang bernama The Peregrine Falcon (Falco peregrinus) dengan kecepatan yang pernah tercatat adalah 390 km/jam (242.3 mph)! Bandingkan dengan kecepatan tertinggi yang pernah dicapai oleh mobil balap F1 yang hanya berkisar pada angka 370 km/jam (229mph)! Hewan yang memiliki populasi tersebar di seluruh benua kecuali Antartika ini mulai terancam punah akibat rusaknya habitat tempat mereka tinggal oleh aktivitas manusia.

2. Tahu ikan layar (sailfish)? Ikan yang menjadi favorit para pemancing profesional ini ternyata masih menjadi misteri bagi para ahli bidang biologi kelautan. Hal ini disebabkan karena pergerakan ikan yang enak dagingnya itu sangat cepat dan tingkat perpindahannya (migrasi) sangat tinggi. Selain itu, ikan yang memiliki nama Latin Istiophorus albicans (untuk yang berada di Samudra Pasifik) dan Istiophorus platypterus (untuk yang bermukim di Samudra Atlantik) ini tersebar ratusan mil dari pantai. Sehingga sangat sulit bagi para ahli untuk mencari lokasi pasti mereka, melakukan proses tagging (penomeran),serta pengumpulan data. Namun penelitian terbaru menunjukkan bahwa ikan ini memang benar-benar ‘cepat’. Percaya tidak, 36 jam setelah bertelur, telur-telur tersebut langsung menetas! Tidak hanya itu, pertumbuhan tubuh mereka sangat cepat, sekitar 6 kaki per tahun!

3. Let’s talk about a strongest animal in the world. Berbicara tentang hewan terkuat, sering kali kita menganggap bahwa hewan terkuat adalah gajah. Namun, tahukah kamu, bahwa gajah Afrika hanya mampu mengangkat beban dengan proporsi 25% dari total berat badannya? Coba bandingkan dengan seekor kumbang badak (The rhinoceros beetle) mampu membawa beban sebanyak 850 kali dari total berat badannya! Dengan kata lain, secara proporsi berat badan, gajah masih kalah dengan manusia yang mampu mengangkat beban hingga 10 kali berat badannya, bahkan lebih.

4. Burung Unta (Ostrich) bukan sembarang burung. Tinggi badannya dapat mencapai 2,5 meter dengan berat 180 kg. Selain besar, Burung Unta juga memiliki daya tahan yang luar biasa. Burung ini bisa bertahan hidup pada suhu di atas 40 derajat Celcius hingga suhu 0 derajat Celcius. Umurnya juga terbilang panjang, bisa mencapai usia sekitar 50 tahun. Walau begitu, sekalipun Burung Unta sedemikian besar, pengeluaran untuk biaya makan Burung Unta hanya mencapai kira-kira US$ 75 setahun. Kesulitan umum satu-satunya dalam memelihara Burung Unta adalah masalah kandang. Diperlukan lahan yang cukup luas, dan berpagar. Masalahnya, sekali seekor Burung Unta lari keluar dari pagar, kamu perlu sebuah mobil untuk mengejar dan menangkapnya, karena Burung Unta dapat berlari hingga kecepatan 50 km/jam!

5. Menurut para ilmuwan, hewan yang memiliki suara paling keras adalah ikan paus biru (Balaenoptera Musculus), yang juga menyandang gelar sebagai hewan terbesar di bumi. Suara ikan paus biru lebih keras daripada suara motor Harley Davidson. Bahkan lebih keras daripada suara konser rock yang paling keras, dan juga lebih keras dari ledakan bom. Seberapa keraskah suara ikan paus biru tersebut? Suara ikan tersebut adalah 188 desibel..! Angka ini sama dengan 1 juta kali suara mesin jet (yang mencapai tingkat kekerasan suara 120-130 desibel). Perlu diingat bahwa tingkat kekerasan suara bertambah secara logaritmis. Ini berarti setiap kenaikan 10 desibel berarti peningkatan intensitas suara hingga 10 kali. Ini adalah salah satu alasan bagi kita semua untuk bersyukur bahwa ikan paus biru tersebut hanya tinggal di dalam laut, hehe….

6. Mau tahu hewan bertulang belakang (vertebrata) terkecil di dunia? Sejenis ikan kerdil yang disebut stout infantfish ditetapkan sebagai hewan bertulang belakang paling mungil dan paling ringan sedunia. Ikan yang hidup di sekitar perairan Great Barrier Reef, Australia, ini panjangnya hanya 7 milimeter! Sebenarnya, ikan dari Australia itu memiliki saingan, yaitu sejenis ikan yang memiliki nama latin paedocypris progenetica yang ditemukan di rawa-rawa gambut di Pulau Sumatera. Hewan tersebut memiliki panjang sekitar 7,9 milimeter…
Sumber: Unik.Us

Minggu, 19 Desember 2010

Mata Uang yang Unik

Mata Uang yang Unik

9. Uang dari lembaran kayu (Jerman)
Pernah digunakan sebagai uang darurat di jerman semasa pemulihan pasca PD 1. Saking daruratnya, uang dicetak juga dari alumunium foil, kain sutra, bahkan kartu remi sisa-sisa perang. Seorang kolektor pasti bakal berani membayar mahal untuk uang2 aneh ini, yang paling mahal adalah batu yang dicetak jadi uang koin pada masa tersebut.

8. Uang dengan ancaman hukuman mati (amerika, saat masih dijajah inggris)
US Dollar memang telah menjadi mata uang yang paling stabil dan dianggap sebagai safe heaven currency. Jika dilihat dari sejarahnya, mata uang ini telah banyak berpengalaman dalam memerangi para pemalsu. Pada masa-masa awal penjajahan Inggris, sangatlah mudah untuk mencetak uang karena banyak alat cetak beredar dan desain cetakan uang tidaklah terlalu rumit seperti sekarang. Tapi saking mudahnya, para pemalsu juga bisa mencetak sendiri. Bagaimana cara pemerintah saat itu untuk memberikan ancaman keras kepada para pemalsu? Dengan mencetak “To Counterfeit is Death” atau hukuman mati untuk pemalsuan. Sepertinya daripada “In God We Trust” lebih cocok “In The Death Penalty We Trust”.
kalo inget, pada era 90an ke bawah di negara kita uang kertasnya juga masih mencantumkan ancaman… ada yang inget ancamannya?

7. Uang kumpulan voucher (vietnam)
Jika kita pernah berpikir bahwa uang bisa membeli segalanya…, ternyata tidak… Uang Vietnam di tahun 70an ini berlaku sebagai kumpulan potongan voucher yang hanya bisa digunakan untuk membeli pakaian dan perlengkapannya. Mungkin jika kita harus memotong salah satu bagian untuk membayar baju, sebagian lagi untuk membayar celana, dan sebagian lagi untuk ikat pinggang.

6. Mata Uang berbentuk komoditas
Garam adalah salah satu barang tertua yang digunakan sebagai pembayaran. Sebenarnya, kata “salary” (gaji) berasal dari bahasa Latin “salarium” yaitu uang yang telah dibayarkan kepada prajurit Roma untuk membeli garam. Garam juga juga digunakan sebagai alat tukar (mata uang) utama di gurun Sahara selama berabad-abad, dan digunakan secara luas di seluruh Afrika Timur. Biasanya, seseorang pada masa itu akan menjilati garam satu blok untuk memastikan garam tersebut asli dan memutuskan untuk membuat pecahan dari blok itu sebagai pecahan uang kecil
Balok garam pada gambar berusia 1500 tahun.

5. Uang pecahan terbesar (Hungaria)
Inilah pecahan mata uang pemegang rekor sampai saat ini. Dicetak oleh Hungaria pada tahun 1946 dengan denominasi 100,000,000,000,000,000,000 Pengo. Ya! Seratus juta triliun Pengo dengan kurs saat itu hanya sekitar 20 US cent. Lihat saja, sampai jumlah nolnya pun tidak mungkin tercetak di sana.

4. hmmmm no comment for this money (Zaire)
Saat rezim Joseph Mobutu dikudeta pada tahun 1997 di Zaire (yang sekarang bernamaThe Democratic Republic of the Congo) Pemerintahan yang baru saat itu terlalu sibuk untuk mendesain dan mencetak uang baru selain karena jumlah uang saat itu terbatas pula. Lho! Memangnya kudeta pemerintahan harus melahirkan kudeta uang kertas pula? Ternyata yang yang beredar saat itu bergambar Joseph Mobutu.

3. Kulit tupai (Rusia)
Di beberapa abad silam, kulit tupai merupakan uang yang sah digunakan di Rusia. Bahkan beberapa bagian dari tupai mati ini seperti kuping, hidung, dan kuku-kukunya berfungsi sebagai “receh”
Kemungkinan Rusia saat itu bisa terbebas dari penyakit-penyakit yang ditularkan satwa

2. Koin perak plus bonus air suci(Kep. Palau)
Jika di uang kertas USD ada “In God We Trust”, negara kepulauan Palau selangkah lebih maju. Negara ini pada tahun 2007 mencetak koin perak dengan gambar perawan suci dan menyertakan bonus botol kecil berisi beberapa tetes air suci dari sebuah mata air suci di Lourdes Perancis. Negara ini pernah pula menyertakan mutiara, bahkan batu meteor pada uang koinnya. Perak dan air suci…,

1. Uang dari batu (Pulau Yap, Kep. Solomon)
Di pulau Yap, sebuah pulau di Kepulauan Solomon, Anda akan menemukan “uang” terbesar dan teraneh di dunia : batu rai (semacam batu kapur). Uang ini berbentuk lingkarang dengan diameter 12 kaki dan berat 8 ton. Entah sejarah atau kepercayaan apa yang menyebabkan masyarakat di Pulau Yap ini sangat mensakralkan batu ini, mungkin sama seperti masyarakan modern sangat mengagungkan batu emas. Karena jenis batu ini tidak bisa ditemui di Pulau Yap, masyarakat Pulau Yap rela mengorbankan nyawa mereka untuk berpetualang mencari batu ini.
Tahukah kamu? Nilai nominal dari batu ini dinilai bukan hanya berdasarkan ukuran, tapi juga dinilai berdasarkan pengorbanan mendatangkannya ke Pulau Yap, termasuk jumlah nyawa yang melayang karena pengorbanan tersebut
Karena bentuknya besar, uang ini dibiarkan tergeletak di luar rumah pemiliknya, bahkan kadang di hutan. Meski tergeletak di mana saja, orang2 pasti mengetahui siapa pemiliknya saat ini. Apabila terjadi pergantian kepemilikan, akan dilakukan dalam upacara tertentu.
Tentu saja itu jaman dulu. Pemerintah setempat telah melarang batu-batu uang ini keluar dari Pulau. Tapi setidaknya kamu bisa jumpai uang antik ini di lobi Bank of Canada di Ottawa.
Sumber: Unik.Us

Keunikan Angka 6 dan 9

Keunikan Angka 6 dan 9

Kita tentu tidak asing lagi dengan operasi-operasi hitung seperti opearsi tambah, kurang, kali dan bagi. Ternyata dibalik angka-angka yang yang terdapat keunikan tersendiri yang bisa jadi belum kita sadari. Disini kita akan membahas keunikan dari angka 6 dan angka 9 yang disarikan dari berbagai sumber:
Bilangan 666…666
keunikan-keunikan angka 6 :
1 + 2 + 3 + 4 + 5 + 6 = 21
1 + 2 + 3 + …….+ 66 = 2211
1 + 2 + 3 + …….+ 666 = 222111
1 + 2 + 3 + …….+ 6666 = 22221111
1 + 2 + 3 + …….+ 66666 = 2222211111
1 + 2 + 3 + …….+ 666666 = 222222111111
Sekarang coba ilustrasikan jawaban untuk soal berikut ini.
1 + 2 + 3 + …+ n = 222…222111…111 (banyak angka 2 dan 1 masing-masing 2009 digit)
Tentukan nilai n
Secara matematika, ada beberapa hal unik dari angka 666 :
* merupakan angka palindrom (simetris): 666
* Merupakan penjumlahan dari 62=36 angka pertama yakni 1+2+3+4..….+35+36 =666
* Total bilangan prima hingga 666 berjumlah 121 bilangan yang merupakan kuadrat dari 11.
* 6=(32) ? (22) + 1
* 66=(34) ? (24) + 1
* 666=(36) ? (26) + 1
* Total dari jumlah 7 bilangan kuadrat prima pertama yakni : 22 + 32 + 52 + 72 + 112 + 132 + 172 = 666
* Dalam angka Romawi, 666 direpresentasikan sebagai DCLXVI (D = 500, C = 100, L = 50, X = 10, V = 5, I = 1). DIC LVX merupaan representasi dari dicit lux. Dicit lux kemudian dikenal sebagai suara cahaya yang diidentikan dengan angka setan.
Bagaimana dengan angka 9, ternyata rahasia angka sembilan begitu banyak….
Bagaimana dengan angka 9, ternyata rahasia angka sembilan begitu banyak, berikut jabarannya.
Cobalah cari hasil dari 63 x 99.
Bagaimanakah cara kita menyelesaikannya?
Salah satu cara untuk menghitung 63 x 99 adalah dengan perkalian bersusun. Tetapi, ada cara lain untuk menghitung hasil kali kedua bilangan tersebut, yaitu sebagai berikut :
Karena 99 = 100 – 1,
Maka 63 x 99 = 63 ( 100 – 1 )
= 63. 100 – 63. 1
= 6300 – 63
= 6237
Untuk mengalikan 999 x 27 dapat diselesaikan seperti berikut :
Karena 999 = 1000 – 1
Maka 999 x 27 = (1000 – 1) x 27
= 2700 – 27
= 26.973
Selanjutnya bagaimanakah dengan hasil dari misalnya 52 x 999 ? Cobalah kerjakan dengan teknik seperti tadi.
Apabila keterangan, contoh dan soal di atas telah dipahami, selanjutnya kita akan mengeksploitasi keunikan angka 9 lainnya.
Pada pembagian bilangan bulat oleh angka 9, ada hal-hal yang sangat unik. Mari kita perhatikan contohnya.
Contoh 1 :
Jika 12 dibagi oleh 9, maka hasilnya adalah 1 dan sisanya 3.
Jika angka-angka pada 12, yaitu 1 dan 2 dijumlahkan maka hasilnya 1 + 2 = 3 (sisa pembagian oleh 9).
Contoh 2 :
Jika 78 dibagi oleh 9, maka hasilnya adalah 8 dan sisanya adalah 6.
Jika angka-angka pada 78, yaitu 7 dan 8 dijumlahkan maka hasilnya 7 + 8 = 15. Selanjutnya jika angka-angka pada 15, yaitu 1 dan 5 dijumlahkan maka hasilnya 1 + 5 = 6 (sisa pembagian oleh 9).
Contoh 3 :
Jika 878 dibagi oleh 9, maka hasilnya adalah 97 dan sisanya adalah 5.
Jika angka-angka pada 878, yaitu 8, 7 dan 8 dijumlahkan maka hasilnya 8 + 7 + 8 = 23. Selanjutnya jika angka-angka pada 23, yaitu 2 dan 3 dijumlahkan maka hasilnya 2 + 3 = 5 (sisa pembagian oleh 9).
Dari contoh-contoh di atas dapat disimpulkan “ Setiap bilangan bulat yang dibagi oleh 9, maka sisanya adalah jumlah berulang dari angka-angka yang terdapat pada bilangan yang dibagi itu sampai memperoleh sebuah bilangan 0 sampai 8 “.
Sifat lain yang mempesona dari angka 9 dapat dilihat dari hasil kali bilangan 12345679 dengan 9 buah bilangan asli kelipatan 9 yang pertama sebagai berikut :
12345679 x 9 = 111.111.111
12345679 x 18 = 222.222.222
12345679 x 27 = 333.333.333
12345679 x 36 = 444.444.444
12345679 x 45 = 555.555.555
12345679 x 54 = 666.666.666
12345679 x 63 = 777.777.777
12345679 x 72 = 888.888.888
12345679 x 81 = 999.999.999
Sekarang coba sendiri oleh anda, tentang keistimewaan lain dari angka 9, dengan membuat hasil kali bilangan 123456789 dengan sembilan buah bilangan asli kelipatan 9 yang pertama. Adakah hal yang menarik dari hasil kali tersebut ?
Daftar hasil kali bilangan 987654321 dengan sembilan bilangan asli kelipatan 9 yang pertama tampak seperti berikut :
987654321 x 9 = 8.888.888.889
987654321 x 18 = 17.777.777.778
987654321 x 27 = 26.666.666.667
987654321 x 36 = 35.555.555.556
987654321 x 45 = 44.444.444.445
987654321 x 54 = 53.333.333.334
987654321 x 63 = 62.222.222.223
987654321 x 72 = 71.111.111.112
987654321 x 81 = 80.000.000.001
Berikut hasil keunikan dari angka 9.
1 x 9 + 2 = 11
12 x 9 + 3 = 111
123 x 9 + 4 = 1111
1234 x 9 + 5 = 11111
12345 x 9 + 6 = 111111
123456 x 9 + 7 = 1111111
1234567 x 9 + 8 = 11111111
12345678 x 9 + 9 = 111111111
Ini juga :
9 x 9 + 7 = 88
98 x 9 + 6 = 888
987 x 9 + 5 = 8888
9876 x 9 + 4 = 88888
98765 x 9 + 3 = 888888
987654 x 9 + 2 = 8888888
9876543 x 9 + 1 = 88888888
98765432 x 9 + 0 = 888888888
Satu
0 x 9 + 0 = 0
1 x 9 + 1 = 10
12 x 9 + 2 = 110
123 x 9 + 3 = 1110
1234 x 9 + 4 = 11110
12345 x 9 + 5 = 111110
123456 x 9 + 6 = 1111110
1234567 x 9 + 7 = 11111110
12345678 x 9 + 8 = 111111110
123456789 x 9 + 9 = 1111111110
Dua
1 x 1 = 1
11 x 11 = 121
111 x 111 = 12321
1111 x 1111 = 1234321
11111 x 11111 = 123454321
111111 x 111111 = 12345654321
1111111 x 1111111 = 1234567654321
11111111 x 11111111 = 123456787654321
111111111 x 111111111 = 12345678987654321
Tiga
1 x 8 + 1 = 9
12 x 8 + 2 = 98
123 x 8 + 3 = 987
1234 x 8 + 4 = 9876
12345 x 8 + 5 = 98765
123456 x 8 + 6 = 987654
1234567 x 8 + 7 = 9876543
12345678 x 8 + 8 = 98765432
123456789 x 8 + 9 = 987654321
Empat
1 x 18 + 1 = 19
12 x 18 + 2 = 218
123 x 18 + 3 = 2217
1234 x 18 + 4 = 22216
12345 x 18 + 5 = 222215
123456 x 18 + 6 = 2222214
1234567 x 18 + 7 = 22222213
12345678 x 18 + 8 = 222222212
123456789 x 18 + 9 = 2222222211
Lima
123456789 + 987654321 = 1111111110
1 x 142857 = 142857 (angka sama)
2 x 142857 = 285714 (angka sama beda urutan )
3 x 142857 = 428571 (angka sama beda urutan)
4 x 142857 = 571428 (angka sama beda urutan )
5 x 142857 = 714285 (angka sama beda urutan)
6 x 142857 = 857142 (angka sama beda urutan)
7 x 142857 = 999999 (hasil yang fantastis!)
Enam
Bilangan sembarang jika dikalikan 9, kemudian angka-angka hasilnya dijumlahkan, maka hasilnya = 9. Mari kita buktikan.
1 x 9 = 9
2 x 9 = 18, jumlah 1 + 8 = 9
3 x 9 = 27, jumlah 2 + 7 = 9
4 x 9 = 36, jumlah 3 + 6 = 9
5 x 9 = 45, jumlah 4 + 5 = 9
6 x 9 = 54, jumlah 5 + 4 = 9
7 x 9 = 63, jumlah 6 + 3 = 9
8 x 9 = 72, jumlah 7 + 2 = 9
9 x 9 = 81, jumlah 8 + 1 = 9
10 x 9 = 90, jumlah 9 + 0 = 9, dst., sampai tak terhingga.
Tujuh
22 x 9 = 198,
cara cepatnya 2 x 9 = 18, lalu selipkan angka 9 ditengah, jadi 198.
33 x 9 = 297
44 x 9 = 396
55 x 9 = 495
66 x 9 = 594
77 x 9 = 693
88 x 9 = 792
99 x 9 = 891
Jika angka kembar 3 digit, maka tinggal selipkan 99 ditengahnya. Kita buktikan ya!
222 x 9 = 1998, cara cepat 2 x 9 = 18, selipkan 99 ditengah
333 x 9 = 2997
444 x 9 = 3996
555 x 9 = 4995
 
Sumber: Unik.Us

Tubuh Manusia Bercahaya

Tubuh Manusia Bercahaya?

Para ilmuwan Jepang baru-baru ini mengungkapkan jika tubuh manusia mengeluarkan sinar. Cahaya tersebut dapat berpendar dengan jumlah yang sangat kecil pada suatu level tertentu dapat meningkat dan menurun.
Para peneliti juga telah membuktikan jika tubuh manusia mampu memancarkan cahaya sedikitnya seribu kali lebih kuat dari mata telanjang kita melihatnya. Fakta membuktikan, secara virtual segala mahluk hidup memancarkan cahaya yang sangat lemah, yang diduga muncul akibat produksi reaksi biokimia yang dipengaruhi oleh radikal bebas. Sinar yang terlihat ini berbeda dari radiasi inframerah.
Untuk mempelajari lebih banyak mengenai pancaran sinar yang redup ini, para ilmuwan di Jepang membuat sebuah kamera yang amat luar biasa yang mampu mendeteksi satuan energi cahaya satu per satu. Seperti dilansir LiveScience, sebanyak lima pria sehat berusia sekitar 20-an tahun menjadi sukarelawan dengan berdiri telanjang dada di depan kamera yang terdapat di ruang amat gelap selama 20 menit setiap tiga jam dari pukul 10.00 hingga 22.00. Observasi itu berlangsung selama tiga hari.
Para peneliti menemukan kalau tubuh manusia tersebut mengeluarkan cahaya berpendar yang kadang terang kadang redup sepanjang hari. Titik terendah pada pukul 10.00 dan titik puncak pada pukul 16.00. Cahaya tersebut kemudian berangsur-angsur meredup.
Hal ini membuktikan kalau cahaya akan memancarkan sinar sesuai dengan jam tubuh kita dimana keduanya saling berhubungan. Ini hampir menyerupai cara tubuh kita melakukan ritme metabolisme yang berubah-ubah sepanjang harinya.
Bagian wajah mengeluarkan sinar lebih terang daripada seluruh tubuh. Ini bisa disebabkan karena wajah lebih banyak menghasilkan zat dari sekujur tubuh. Selain itu, wajah memang paling sering terkena sinar matahari. Sel warna kulit seperti pigmen dan melanin adalah komponen yang berpendar yang kemungkinan mampu meningkatkan produksi cahaya dari dalam tubuh meski kecil sekalipun.
Selama cahaya redup tadi terhubung dengan metabolisme tubuh, ini akan memberi sugesti ke kamera yang mampu menandakan adanya pancaran sinar lemah yang dapat digunakan membantu bidang medis. Hal ini diungkapkan salah seorang peneliti sekaligus ahli jantung di Universitas Kyoto, Jepang Hitoshi Okamura.
Sementara, ahli energi cahaya di Institut Teknologi Tohoku, Masaki Kobayashi mengatakan, jika kita dapat melihat kilauan cahaya dari permukaan tubuh, berarti kita dapat melihat kondisi tubuh secara keseluruhan.
Sumber: Liputan6.Com

Sabtu, 18 Desember 2010

4 Musim Dalam 1 Foto













Sumber: Unik.Us

Biji Buah Apel Ternyata Berbahaya

Biji Buah Apel Berbahaya?




APEL? Ternyata buah ini berbahaya, tapi untungnya hanya bagian biji saja. Buah yang merah merona dan segar manis ini ternyata menyimpan banyak bahaya dalam biji kecil yang ada di tengah tadi!
Para Ilmuwan berhasil menemukan bahwa biji apel tadi mengandung cyanogenic glycoside, atau sianida. Jika Anda tidak sengaja mengkonsumsi bijinya, bersiaplah untuk segera ke dokter. Memang belum pasti berapa banyak biji yang harus Anda telan untuk dapat mematikan, tapi setidaknya, begitu makan apel dan Anda merasakan sakit perut, atau muntah-muntah, keringat berlebihan, segera ke dokter dan minta pertolongan atas keracunan sianida, sianida sudah terkenal mematikan!
Sumber: KapanLagi

Ikan Salmon Buat Otak Menjadi Cerdas

Ikan Salmon Buat Otak Menjadi Cerdas

Seberapa banyak dari Anda yang mengetahui ikan Salmon dan kegunaannya? Mungkin hampir diantara Anda menjawab saya tahu. Tetapi, apakah Anda tahu bahwa ikan Salmon dapat mengencerkan otak Anda alias membantu Anda menjadi lebih cerdas? Sepertinya belum terlalu banyak yang mengetahuinya.
Ikan yang lahir di perairan tawar itu memiliki kandungan omega-3 yang didalamnya terdapat DHA dan EPA. Zat yang terkandung dalam Salmon ini sangat membantu otak manusia, terutama dalam pertumbuhan dan fungsi otak.
Kekurangan asam lemak esensial ini akan membuat sel neuron otak akan menderita kekurangan energi untuk proses pengembangan otak. Proses pembentukan dinding sel neuron yang tidak sempurna dikarenakan kekurangan omega-3 membuat sel tidak mampu menampung muatan komponen sel neuron secara normal. Dan ini sangat lah berbahaya bagi Anda yang sedang mengandung karena sel-sel neuron akan mengalami banyak kebocoran sehingga terjadi perdarahan. Bila itu yang terjadi maka akan membuat sel-sel otak menjadi cepat mati dan tidak berfungsi.
Selain membantu dalam mencerdaskan pikiran, ikan Salmom juga mampu melindungi terjadinya kanker payudara.
Tertarik untuk mengonsumsinya? Sebaiknya Anda perlu memperhatikan cara memasaknya. Dianjurkan Anda untuk mengolah ikan ini dengan cara ditim. Mengapa? karena asam lemak ini mudah menguap bila ikan dimasak dengan cara digoreng atau dibakar. Selamat mengonsumsi !!!
Ini gambar salmon yang udah jadi..
Sumber: Unik.Us

Keganasan Tsunami

Keganasan Tsunami

Asal kata TSUNAMI
Tsunami berasal dari kata ??; tsu = pelabuhan, nami = gelombang, secara harafiah berarti “ombak besar di pelabuhan” adalah perpindahan badan air yang disebabkan oleh perubahan permukaan laut secara vertikal dengan tiba-tiba. Perubahan permukaan laut tersebut bisa disebabkan oleh gempa bumi yang berpusat di bawah laut, letusan gunung berapi bawah laut, longsor bawah laut, atau atau hantaman meteor di laut. Gelombang tsunami dapat merambat ke segala arah. Tenaga yang dikandung dalam gelombang tsunami adalah tetap terhadap fungsi ketinggian dan kelajuannya.
Di laut dalam, gelombang tsunami dapat merambat dengan kecepatan 500-1000 km per jam. Setara dengan kecepatan pesawat terbang. Ketinggian gelombang di laut dalam hanya sekitar 1 meter. Dengan demikian, laju gelombang tidak terasa oleh kapal yang sedang berada di tengah laut. Ketika mendekati pantai, kecepatan gelombang tsunami menurun hingga sekitar 30 km per jam, namun ketinggiannya sudah meningkat hingga mencapai puluhan meter. Hantaman gelombang Tsunami bisa masuk hingga puluhan kilometer dari bibir pantai. Kerusakan dan korban jiwa yang terjadi karena Tsunami bisa diakibatkan karena hantaman air maupun material yang terbawa oleh aliran gelombang tsunami.
Dampak negatif yang diakibatkan tsunami adalah merusak apa saja yang dilaluinya. Bangunan, tumbuh-tumbuhan, dan mengakibatkan korban jiwa manusia serta menyebabkan genangan, pencemaran air asin lahan pertanian, tanah, dan air bersih.
Beberapa kondisi meteorologis, seperti badai tropis, dapat menyebabkan gelombang badai yang disebut sebagai meteotsunami yang ketinggiannya beberapa meter diatas gelombang laut normal. Ketika badai ini mencapai daratan, bentuknya bisa menyerupai tsunami, meski sebenarnya bukan tsunami. Gelombangnya bisa menggenangi daratan. Gelombang badai ini pernah menggenangi Burma (Myanmar) pada Mei 2008. Bukti-bukti historis menunjukkan bahwa megatsunami mungkin saja terjadi, yang menyebabkan beberapa pulau dapat tenggelam
Penyebab terjadinya tsunami
Tsunami dapat terjadi jika terjadi gangguan yang menyebabkan perpindahan sejumlah besar air, seperti letusan gunung api, gempa bumi, longsor maupun meteor yang jatuh ke bumi. Namun, 90% tsunami adalah akibat gempa bumi bawah laut. Dalam rekaman sejarah beberapa tsunami diakibatkan oleh gunung meletus, misalnya ketika meletusnya Gunung Krakatau.
Gerakan vertikal pada kerak bumi, dapat mengakibatkan dasar laut naik atau turun secara tiba-tiba, yang mengakibatkan gangguan kesetimbangan air yang berada di atasnya. Hal ini mengakibatkan terjadinya aliran energi air laut, yang ketika sampai di pantai menjadi gelombang besar yang mengakibatkan terjadinya tsunami.

Gambar 1 : Pergerakan Tsunami Desember 2004.
Kecepatan gelombang tsunami tergantung pada kedalaman laut di mana gelombang terjadi, dimana kecepatannya bisa mencapai ratusan kilometer per jam. Bila tsunami mencapai pantai, kecepatannya akan menjadi kurang lebih 50 km/jam dan energinya sangat merusak daerah pantai yang dilaluinya. Di tengah laut tinggi gelombang tsunami hanya beberapa cm hingga beberapa meter, namun saat mencapai pantai tinggi gelombangnya bisa mencapai puluhan meter karena terjadi penumpukan masa air. Saat mencapai pantai tsunami akan merayap masuk daratan jauh dari garis pantai dengan jangkauan mencapai beberapa ratus meter bahkan bisa beberapa kilometer.
Gerakan vertikal ini dapat terjadi pada patahan bumi atau sesar. Gempa bumi juga banyak terjadi di daerah subduksi, dimana lempeng samudera menelusup ke bawah lempeng benua.
Tanah longsor yang terjadi di dasar laut serta runtuhan gunung api juga dapat mengakibatkan gangguan air laut yang dapat menghasilkan tsunami. Gempa yang menyebabkan gerakan tegak lurus lapisan bumi. Akibatnya, dasar laut naik-turun secara tiba-tiba sehingga keseimbangan air laut yang berada di atasnya terganggu. Demikian pula halnya dengan benda kosmis atau meteor yang jatuh dari atas. Jika ukuran meteor atau longsor ini cukup besar, dapat terjadi megatsunami yang tingginya mencapai ratusan meter.
Syarat terjadinya tsunami akibat gempa
* Gempa bumi yang berpusat di tengah laut dan dangkal (0 – 30 km)
* Gempa bumi dengan kekuatan sekurang-kurangnya 6,5 Skala Richter
* Gempa bumi dengan pola sesar naik atau sesar turun
Sistem Peringatan Dini
Sistem peringatan dini tsunami adalah sebuah sistem yang dirancang untuk mendeteksi tsunami kemudian memberikan peringatan untuk mencegah jatuhnya korban. Sistem ini umumnya terdiri dari dua bagian penting yaitu jaringan sensor untuk mendeteksi tsunami serta infrastruktur jaringan komunikasi untuk memberikan peringatan dini adanya bahaya tsunami kepada wilayah yang diancam bahaya agar proses evakuasi dapat dilakukan secepat mungkin.

Gambar 2 : Layar televisi di Jepang yang menampilkan sebuah peringatan tsunami
Ada dua jenis sistem peringatan dini tsunami yaitu sistem peringatan dini tsunami internasional dan sistem peringatan dini tsunami regional. Gelombang tsunami memiliki kecepatan antara 500 sampai 1.000 km/j (sekitar 0,14 sampai 0,28 kilometer per detik) di perairan terbuka, sedangkan gempa bumi dapat dideteksi dengan segera karena getaran gempa yang memiliki kecepatan sekitar 4 kilometer per detik (14.400 km/j). Getaran gempa yang lebih cepat dideteksi daripada gelombang tsunami memungkinan dibuatnya peramalan tsunami sehingga peringatan dini dapat segera diumumkan kepada wilayah yang diancam bahaya. Akan tetapi sampai sebuah model yang dapat secara tepat menghitung kemungkinan tsunami akibat gempa bumi ditemukan, peringatan dini yang diberikan berdasarkan perhitungan gelombang gempa hanya dapat dipertimbangkan sebagai sekedar peringatan biasa saja. Agar lebih tepat, gelombang tsunami harus dipantau langsung di perairan terbuka sejauh mungkin dari garis pantai, dengan menggunakan sensor dasar laut secara real time.Sistem peringatan dini tsunami pertama kali dibuat di Hawaii pada 1920-an.
Pengalaman serta banyak kejadian dilapangan membuktikan bahwa meskipun banyak peralatan canggih yang digunakan, tetapi alat yang paling efektif hingga saat ini untuk Sistem Peringatan Dini Tsunami adalah RADIO. Oleh sebab itu, kepada masyarakat yang tinggal didaerah rawan Tsunami diminta untuk selalu siaga mempersiapkan RADIO FM untuk mendengarkan berita peringatan dini Tsunami. Alat lainnya yang juga dikenal ampuh adalah Radio Komunikasi Antar Penduduk. Organisasi yang mengurusnya adalah RAPI (Radio Antar Penduduk Indonesia). Mengapa Radio ? jawabannya sederhana, karena ketika gempa seringkali mati lampu tidak ada listrik. Radio dapat beroperasi dengan baterai. Selain itu karena ukurannya kecil, dapat dibawa-bawa (mobile). Radius komunikasinyapun relatif cukup memadai.
Kesimpulan Dan Saran :
Jika tsunami datang
1.Jangan panik.
2.Jangan menjadikan gelombang tsunami sebagai tontonan. Apabila gelombang tsunami dapat dilihat, berarti kita berada di kawasan yang berbahaya.
3.Jika air laut surut dari batas normal, tsunami mungkin terjadi.
4.Bergeraklah dengan cepat ke tempat yang lebih tinggi ajaklah keluarga dan orang di sekitar turut serta. Tetaplah di tempat yang aman sampai air laut benar-benar surut. Jika Anda sedang berada di pinggir laut atau dekat sungai, segera berlari sekuat-kuatnya ke tempat yang lebih tinggi. Jika memungkinkan, berlarilah menuju bukit yang terdekat.
5.Jika situasi memungkinkan, pergilah ke tempat evakuasi yang sudah ditentukan.
6.Jika situasi tidak memungkinkan untuk melakukan tindakan seperti di atas, carilah bangunan bertingkat yang bertulang baja (ferroconcrete building), gunakan tangga darurat untuk sampai ke lantai yang paling atas (sedikitnya sampai ke lantai 3).
7.Jika situasi memungkinkan, pakai jaket hujan dan pastikan tangan anda bebas dan tidak membawa apa-apa.
Pasca tsunami
1.Ketika kembali ke rumah, jangan lupa memeriksa kerabat satu-persatu.
2.Jangan memasuki wilayah yang rusak, kecuali setelah dinyatakan aman.
3.Hindari instalasi listrik.
4.Datangi posko bencana, untuk mendapatkan informasi Jalinlah komunikasi dan kerja sama degan warga sekitar.
5.Bersiaplah untuk menata kembali ke kehidupan yang normal.
Foto Foto Keganasan Tsunami :

Sumber: http://kask.us/2653557

Manfaat Air Seni Unta

Air Seni Unta Mampu Obati Kanker?

Setelah menghabiskan waktu lebih dari lima tahun penelitian di laboratorium, Dr. Faten Abdel-Rahman Khorshid, ilmuwan Saudi yang juga staf King Abdul Aziz University (KAAU) dan Presiden Tissues Culture Unit di Pusat Penelitian Medis King Fahd itu, menemukan bahwa partikel nano dalam air seni hewan onta dapat melawan sel kanker dengan baik.
Penelitiannya diawali dengan eksperimen menggunakan air seni onta, sel kanker yang ada di organ paru-paru seorang pasien, serta tikus yang disuntikkan sel kanker leukimia dan air seni onta.
Berbicara kepada Saudi Gaette Dr. Khorshid mengatakan, ia terinspirasi oleh saran pengobatan dari Rasulullah shalallahu alaihi wasalam bahwa air seni onta mengandung zat alami yang bisa membasmi sel berbahaya, serta menjaga sel-sel sehat pada pasien pengidap kanker.

“Pengobatan ini bukan sebuah penemuan baru, melainkan diambil dari warisan peninggalan Nabi kita,” katanya. Dalam sebuah hadits dari Bukhari (2855) dan Muslim (1671) dikatakan, beberapa orang datang ke Madinah dan jatuh sakit dengan perut yang membesar. Rasulullah menyuruh untuk mencampur susu onta dengan air seninya, kemudian diminum. Setelah itu mereka pun sembuh. Perut yang bengkak mengindikasikan kemungkinan adanya edema, penyakit liver, atau kanker.
Lebih lanjut Dr. Khorshid mengatakan bahwa ia bukan dokter, melainkan seorang ilmuwan yang pekerjaannya meliputi melakukan persiapan dan percobaan terhadap obat-obatan di laboratorium, serta mengawasi pembuatan, percobaan dan pemberian obat kepada pasien.
“Kami telah meneliti dan mengkaji (air seni onta) selama tujuh tahun. Selama itu kami telah mengujicobakan efektivitas air seni onta untuk melawan sel kanker sesuai dengan persyaratan yang ditetapkan oleh International Cancer Institute,” katanya menjelaskan.
Menurut hasil studinya yang telah diterbitkan perihal masalah tersebut, uji klinis yang dilakukan timnya terhadap pasien menunjukkan bahwa obat (dalam bentuk kapsul dan sirup) yang diberikan, tidak memberikan efek samping yang berbahaya.
Pada kasus seorang pasien relawan pengidap kanker paru-paru, obat yang diberikan mampu memperkecil ukuran tumor hingga setengahnya hanya dalam waktu satu bulan. Sang pasien dan beberapa orang lain yang sama, penyakitnya sekarang ini masih dalam perawatan.
Dengan memperhatikan saran yang ditemukan dalam hadits tersebut, Dr. Khorshid mengkombinasikan sejumlah susu dan air seni onta untuk membuat obatnya dan fokus pada beberapa jenis kanker tertentu, seperti kanker paru-paru, kanker darah, kanker perut, kanker usus besar, tumor otak, dan kanker payudara.
Ia menyarankan seluruh pasien relawan untuk menggunakan susu dan air seni onta segar. Keduanya diminum secara terpisah dalam jangka waktu tertentu, dan kemudian digabung.
Penyakit lain yang diteliti meliputi vitiligo (kurangnya zat warna pada sejumlah tempat di kulit), eksim, dan psoriasis (penyakit autoimune yang mempengaruhi kulit dan persendian).
Namun, Dr. Khorshid hanya akan memberikan resep pengobatan itu kepada pasien di luar pasien relawan, jika perusahaan farmasi sudah memiliki izin untuk obat tersebut. Sekarang ini obatnya masih dalam proses pengujian.
“Kami menyediakan obat dalam bentuk salep, kapsul, sirup, shampo, sabun dan gel untuk mengobati penyakit-penyakit yang sudah disebutkan, jika sudah mendapat izin dari Kementerian Kesehatan dan diproduksi massal oleh pabrik farmasi,” katanya.
Hasil kajian Dr. Khorshid telah mendapat persetujuan formal dari Komite Etika Penelitian Ilmiah di KAAU.
Penelitan itu juga menghasilkan medali emas bagi tim peneliti atas inovasinya, yang diberikan oleh Kerajaan pada tahun 2008. Dan obatnya terpilih sebagai salah satu dari enam inovasi terbaik dari 600 inovasi yang diajukan dalam International Innovation and Technology Exhibition (ITEX) 2009 yang diselenggarakan di Malaysia pada bulan Mei. [di/sg/www.hidayatullah.com]
Sumber: http://www.hidayatullah.com

Energi Listrik dari Jus Bawang

Energi Listrik dari Jus Bawang

Ide cerdas dari dua orang bersaudara, Bill dan Steve Gill mampu memberdayakan limbah bawang merah menjadi sumber energi alternatif. Kedua bersaudara pemilik perusahaan Gills Onions di California Utara ini mengelola sistem yang mengkonversi 30.000 pon sampah petani bawang merah menjadi sumber energi listrik.
“Kita sering melakukan pengembangan teknologi sumber energi alternatif dengan berbagai cara. Namun belum banyak yang tahu jika bawang merah bisa dijadikan sumber energi,” kata Steve Gill.
Salah satu komponen dari sistem ini adalah digester anaerobik yang mengubah bawang busuk menjadi biogas. Gas tersebut kemudian diubah kedalam zat methanol, yaitu komponen utama gas alami.
Proses konversi ini akan menghasilkan gas alami yang bisa memberikan tenaga sel bahan bakar sebesar 600 kilowatt untuk membuat energi listrik. Demikian keterangan yang dikutip dari CNet, Jumat (17/7/2009).
Gills Onions memperkirakan, proyek ramah lingkungan bernilai USD9,5 juta ini akan sangat bermanfaat. Diramalkan dalam kurun waktu enam tahun akan segera memberikan balik modal investasi.
Dari sisi keuntungan lainnya, proyek ini akan mengurangi biaya tagihan listrik hingga USD700.000 per tahun. Selain itu, Gill Onions juga sudah memperhitungkan bahwa proyek yang mereka jalankan akan menghemat biaya pengelolaan sampah bawang sebesar USD400.000 setiap tahunnya. (srn)
Sumber: http://techno.okezone.com/index.php/…ari-jus-bawang

Penyakit Mematikan dari Hewan

Penyakit Mematikan dari Hewan

Flu babi hanya salah satu dari banyak penyakit mematikan yang berasal dari hewan yang kemudian ditularkan kepada manusia. Penyakit yang ditularkan dari hewan ke manusia disebut dengan zoonoses dan menurut para ilmuwan perkembangan penyakit tersebut tengah menanjak. Berikut adalah lima penyakit berbahaya yang ditularkan dari hewan, dikutip dari Live Science:

1. Pandemi Influenza
Influenza berbahaya bisa menyebar dari burung, babi dan binatang lain. Pada 1918 pandemi influenza memakan banyak korban hanya dalam hitungan bulan. Membunuh hampir 50 juta orang. Seperlima dari populasi dunia terinfeksi virus tersebut, dan membunuh lebih dari 25 persen penduduk Amerika.

2. Wabah Bubonic
Bubonic disebabkan oleh infeksi bakteri Yersinia pestis yang dibawa oleh hewan pengerat dan juga kucing. Jika terinfeksi, seseorang akan mengalami pembengkakan kelenjar getah bening. Wabah ini menggemparkan dunia pada abad ke 14 dan pada masa itu dikenal juga dengan sebutan Black Death. Saat itu bubonic mewabah dari Eropa, Mesir hingga seluruh kawasan Asia. Sebanyak 75 juta orang tewas dan hanya 360 orang yang sempat terobati.

3. HIV/AIDS
Virus HIV yang menyebabkan penyakit AIDS aslinya berasal dari simpanse dan hewan primata lainnya. Diyakini virus ini pertama kali menginfeksi manusia pada abad lalu. Menurut data kesehatan dunia pada akhir 2007 diperkirakan sebanyak 33 juta orang mengidap HIV, termasuk 2,7 juta kasus baru setiap tahunnya. Sebanyak 2 juta orang meninggal dunia termasuk 270.000 anak-anak. Dua pertiga infeksi HIV terjadi di Sub Sahara Afrika.

4. Parasit Gila
Parasit aneh bernama Toxoplasma gondii menginfeksi otak manusia. Lebih dari setengah populasi manusia terjangkit virus tersebut, termasuk 50 juta warga Amerika. Konon virus ini meningkatkan resiko terkena neuroticism dan berkembang menjadi schizophrenia. Tempat tinggal utama virus ini adalah pada tubuh kucing.

5. ‘Crabs’ ditularkan oleh Gorilla
Sekira tiga juta tahun lalu manusia menemukan sejenis kutu berbahaya pada tubuh gorilla. Kutu tersebut ternyata menginfeksi penyakit bernama “crabs”.Awal penyebarannya adalah jika manusia tidur di sarang gorilla atau memakan dagingnya, demikian kesimpulan yang diperoleh para ilmuwan pada 2007.
Sumber: Unik.Us

Sabtu, 11 Desember 2010

Fakta Mengenai Masa Depan Kita dan Bumi

Fakta Mengenai Masa Depan Kita dan Bumi

Bumi kita ini tidak akan bertahan selamanya, sedangkan kita bergantung pada bumi untuk bertahan hidup. Kita akan binasa semuanya apabila bumi hancur oleh berbagai sebab. Kedengarannya menakutkan sekali, tetapi kita perlu menyadari bahwa sumber daya bumi terbatas. Penggunaan sumber daya bumi secara serampangan seperti sekarang ini, bisa menyebabkan kehidupan manusia berakhir dalam kehancuran.
Para ilmuwan berspekulasi mengenai perubahan-perubahan komposisi bumi, apakah itu tentang pemanasan global atau sumber daya mineral yang sudah mulai merosot. Marilah kita mengamati bagaimana kita secara perlahan namun pasti menuju kepada kehancuran yang dibuat oleh tangan kita sendiri.
Jadi bagaimanakah masa depan kita dan bumi yang kita diami ini? Berikut ini fakta-faktanya:

1. Pemanasan global adalah satu peristiwa yang tak bisa dielakkan yang mempengaruhi kondisi iklim di bumi. Badai yang menghancurkan, gelombang air pasang, tsunami dan kelaparan akibat kekeringan akan terus berlanjut meskipun usaha-usaha untuk mengendalikan polusi dan kerusakan lingkungan telah dilakukan. Bumi berusaha untuk terus eksis dengan melakukan perbaikan alami, tetapi kita manusia akan menerima akibatnya dikarenakan proses perbaikan itu sangat dahsyat dan tidak terkendali.

2. Peningkatan kecil rotasi bumi diakibatkan ketidakseimbangan isi kandungan perut bumi yang terkuras, bisa mempengaruhi kita dengan berbagai cara. Banjir dahsyat yang menenggelamkan segalanya, atau gletser-gletser yang menghilang selamanya. Itu bisa berarti kekurangan air, pangan dan merajalelanya penyakit serta meluasnya kelaparan. Beberapa spesies hewan dan tanaman menjadi punah.

3. Terjadinya perubahan pola peruntukan tanah, di mana sekarang lebih banyak orang-orang hidup di kota-kota besar dibanding dengan di daerah pedesaan. Kota-kota penuh sesak sehingga harus memperluas areal untuk perumahan ke wilayah pedesaan dengan mengorbankan tanah pertanian. Kota besar yang kumuh dan kotor mengganggu kesehatan manusia dan menimbulkan bibit-bibit penyakit baru.

4. Produksi minyak mengalami peningkatan tahun 2008 dan 2018 akan mencapai puncaknya, dan itu berarti awal dari penurunan. Ini bisa menjadi pencetus suatu resesi energi global, konflik antar negara yang memperebutkan lahan minyak dan juga sumber makanan. Minyak sangat penting bagi setiap bangsa untuk melanjutkan aktivitas produksinya, termasuk pertanian dan peternakan. Kedepannya, menipisnya kandungan minyak di bumi bisa mempengaruhi hidup seluruh manusia di bumi secara signifikan.

5. Mobil mempunyai andil sebesar 3/4 dari semua gas buang yang dipancarkan alat transportasi. Sejak saat ini, dunia akan dipenuhi lebih dari satu milyar mobil yang berkeliaran di jalan-jalan di tahun 2030 dan akan bertambah hingga satu milyar lagi di tahun 2050. Hal berhubungan dengan 75% peningkatan CO2 selama setahun di atmosfer berasal dari pembakaran bahan bakar fosil (minyak bumi, gas bumi dan batu bara), sedangkan sekitar 20% CO2 yang memasuki atmosfer bumi berasal dari pembakaran BBM pada mesin-mesin kendaraan bermotor, selebihnya 80% emisi CO2 bersumber dari pembakaran bahan bakar fosil oleh mesin pembangkit tenaga listrik.

6. Karena peningkatan suhu udara akibat meningkanya kadar CO2, maka sedikit uap air bertahan di udara untuk membentuk awan. Hal ini berarti hujan akan menjadi lebih sedikit, dan secara langsung berakibat hasil produksi pertanian juga menurun. Akan terjadi di sekitar tahun 2020 di mana terjadi suatu periode yang sulit dan air bah tiba-tiba meningkat di semua bagian dari benua Eropa, karena mencairnya es di Kutub Utara. Sedangkan populasi penduduk bumi akan mencapai 7,7 milyar orang.

7. Sejak Hari Bumi yang pertama tahun 1970 hingga awal millennium baru, manusia telah membuat peningkatan emisi (gas buang) rumah kaca sebesar 70%.

8. Atmosfer bumi sekarang mengandung 40% lebih banyak CO2 dibandingkan dengan di awal Revolusi Industri.

9. Hasil pembakaran bahan bakar fosil dewasa ini menambah hampir 6 milyar ton CO2 ke dalam atmosfer bumi setiap tahunnya. Hanya separuhnya yang diserap oleh hutan-hutan dan samudera.

10. Hutan hujan pernah meliputi 14% dari permukaan bumi. Sekarang hanya tersisa sekitar 6% dan menurut perkiraan para ahli hutan hujan yang tersisa itu akan habis dikonsumsi kurang dari 40 tahun. 1 sampai 1,5 hektar hutan hujan lenyap setiap 1 detik sebagai konsekuensi tragis pembangunan di negara-negara industri dan berkembang.

11.Hampir separuh dari semua jenis flora, fauna dan mikro organisme akan musnah atau pasti terancam kepunahan dalam seperempat abad ke depan disebabkan oleh penebangan hutan-hutan hujan.

12. Perkiraan para ahli bahwa kita sedang kehilangan 137 jenis tanaman, hewan dan serangga setiap harinya karena penebangan hutan-hutan hujan. Atau sama dengan 50.000 jenis setiap tahunnya. Seiring dengan lenyapnya spesies-spesies di hutan hujan, demikian juga dengan berbagai macam pengobatan penyakit-penyakit yang mengancam hidup manusia. Sekarang ini, 121 obat-obatan yang dijual ke seluruh dunia berasal dari tanaman obat-obatan. Sementara itu 25% dari perusahaan obat-obatan di Barat mengambil bahan dari ramuan tanaman dari hutan hujan, dan lebih sedikit 1% dari pohon-pohon dan tanaman-tanaman tropis ini telah diuji coba oleh para ilmuwan.

13. Penebangan hutan yang merajalela sekarang ini menyumbang 20% polusi pemanasan global diakibatkan oleh terhambatnya penyerapan kembali CO2.

14. Wabah penyakit terus bertambah baik ragam maupun jumlahnya karena polusi udara, air dan tanah meningkat, terutama sekali terjadi di negara-negara dengan pendapatan rendah.

15. Di tahun 2030 sekitar 18% dari gugusan karang laut akan lenyap karena perubahan iklim dan lingkungan. Dalam 2030 ini populasi penduduk dunia akan mencapai 8,3 milyar.

16. Tahun 2040 laut di Kutub Utara akan mengalami musim panas yang pertama tanpa es.

17. Karena menghilangnya gletser dan terjadi musim kering yang panjang, produksi listrik dari pembangkit listrik tenaga air akan berkurang.

18. Luas padang pasir di permukaan bumi mengalami peningkatan disebabkan menaiknya suhu bumi. Pada akhir tahun 2007, Australia kehilangan 25% produksi pangannya karena hal ini.

19. Kadar karbon monoksida (CO) di atmosfer bumi terus meningkat.

20. Efek berbahaya dari aktivitas manusia dapat mempengaruhi sistem global dengan cara yang negatif. Perang, sebagai contoh, dapat menghancurkan bumi dalam berbagai jalan; pembunuhan massal, berkembangnya kelaparan dan penyakit, pembakaran bahan bakar fosil secara besar-besaran oleh mesin-mesin perang, termasuk juga pembabatan hutan dan pengambilan batu-batuan dan tanah untuk perbaikan kembali infrastruktur yang rusak.
Sumber: Unik.Us

Makan Daging Mentah itu Ternyata Tidak Aman

Makan Daging Mentah Tidak Aman



steak tartare Makan daging mentah sebenarnya tidak dianjukan oleh pakar kesehatan, karena potensi penyakit dari bakteri atau parasit pada daging mentah tidak aman, terutama resiko sangat besar bagi siapapun yang memiliki sistem kekebalan lemah. Salah satu bahaya terbesar adalah pencemaran bakteri E Coli.

Beef carpaccio
Makanan yang belum matang seperti steak tartare (daging sapi mentah dan telur mentah), beef carpaccio (fillet daging sapi mentah iris tipis), sashimi (ikan mentah iris tipis), dan aneka seafood mentah. Beef carpaccio sekarang telah diberi label makanan beresiko tinggi karena telah ditemukan sebagai wabah salmonella yang telah resistan terhadap antibiotik.
Para ahli mengatakan bahwa orang-orang yang memilih untuk makan daging mentah atau hidangan ikan mentah, penting untuk memilih sumber yang sangat-sangat serius dalam memperhatikan sanitasi. Namun rasa sakit perut dan kram perut yang terkadang diderita oleh orang yang hobi makan daging mentah (bahkan yang katanya sangat bersih) ada kaitannya dengan konsumsi makanan yang belum matang tersebut, ini bukanlah budaya makan-minum yang baik bagi manusia.

sashimi
Tidak hanya karena ancaman penyakit, namun daging yang masih mentah itu masih membawa unsur-unsur gen hidup dari binatang tersebut. Seperti halnya teknologi yang digunakan untuk mengkloning hewan yang mengambil suatu irisan dari daging hewan, untuk menciptakan kembali hewan kloningan. Walaupun wujudnya sangat miko, namun sel-sel dalam daging mentah itu merupakan wujud keseluruhan dari hewan tersebut, dapat dikatakan daging mentah yang dimakan berupa setumpuk besar hewan hidup. Lain halnya bila daging sudah dimasak matang, sel-sel hidup tersebut sudah mati dan berupa materi yang aman dikonsumsi.
Untuk siapapun yang memiliki sistem kekebalan lemah – seperti anak-anak, lansia, ibu hamil (janin belum memiliki sistim pertahanan tubuh yang baik) dan orang-orang dengan penyakit seperti HIV atau kanker sebaiknya menghindari makan daging mentah atau daging yang belum matang. Ini adalah nasihat paling aman untuk kita semua.
Sumber: EraBaru