THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES

Sabtu, 11 Desember 2010

Makan Daging Mentah itu Ternyata Tidak Aman

Makan Daging Mentah Tidak Aman



steak tartare Makan daging mentah sebenarnya tidak dianjukan oleh pakar kesehatan, karena potensi penyakit dari bakteri atau parasit pada daging mentah tidak aman, terutama resiko sangat besar bagi siapapun yang memiliki sistem kekebalan lemah. Salah satu bahaya terbesar adalah pencemaran bakteri E Coli.

Beef carpaccio
Makanan yang belum matang seperti steak tartare (daging sapi mentah dan telur mentah), beef carpaccio (fillet daging sapi mentah iris tipis), sashimi (ikan mentah iris tipis), dan aneka seafood mentah. Beef carpaccio sekarang telah diberi label makanan beresiko tinggi karena telah ditemukan sebagai wabah salmonella yang telah resistan terhadap antibiotik.
Para ahli mengatakan bahwa orang-orang yang memilih untuk makan daging mentah atau hidangan ikan mentah, penting untuk memilih sumber yang sangat-sangat serius dalam memperhatikan sanitasi. Namun rasa sakit perut dan kram perut yang terkadang diderita oleh orang yang hobi makan daging mentah (bahkan yang katanya sangat bersih) ada kaitannya dengan konsumsi makanan yang belum matang tersebut, ini bukanlah budaya makan-minum yang baik bagi manusia.

sashimi
Tidak hanya karena ancaman penyakit, namun daging yang masih mentah itu masih membawa unsur-unsur gen hidup dari binatang tersebut. Seperti halnya teknologi yang digunakan untuk mengkloning hewan yang mengambil suatu irisan dari daging hewan, untuk menciptakan kembali hewan kloningan. Walaupun wujudnya sangat miko, namun sel-sel dalam daging mentah itu merupakan wujud keseluruhan dari hewan tersebut, dapat dikatakan daging mentah yang dimakan berupa setumpuk besar hewan hidup. Lain halnya bila daging sudah dimasak matang, sel-sel hidup tersebut sudah mati dan berupa materi yang aman dikonsumsi.
Untuk siapapun yang memiliki sistem kekebalan lemah – seperti anak-anak, lansia, ibu hamil (janin belum memiliki sistim pertahanan tubuh yang baik) dan orang-orang dengan penyakit seperti HIV atau kanker sebaiknya menghindari makan daging mentah atau daging yang belum matang. Ini adalah nasihat paling aman untuk kita semua.
Sumber: EraBaru

0 komentar: